[Resep]: Gulai Batang Talas Khas Aceh Selatan

@aceHTreng/Yelli Sustarina

ACEHTREND.COM – Tapaktuan – Siapa sangka batang yang dikenal gatal karena getahnya, ternyata bisa diolah menjadi makanan lezat dan bergizi tinggi. Di tangan masyarakat daerah Aceh Selatan, batang talas dimasak menjadi gulai dan disantap dengan nasi.

Batang talas yang dimasak, tentunya tidak sembarangan karena memang ada batang talas khusus yang diperuntukkan sebagai makanan. Meskipun tetap mempunyai getah dan menimbulkan rasa gatal saat memegangnya, tapi saat dimasak rasa gatalnya pun menjadi hilang.

Batang talas tersebut biasanya banyak dijual di hari pekan daerah Kluet, Aceh Selatan karena di daerah inilah banyak tumbuh batang talas. Terutama di daerah dekat aliran sungai. Tekstur gulainya yang lembut dan halus memudahkan saat memakannya tanpa harus dikunyah. Maka, gulai ini oleh masyarakat aneuk jamee disebut sebagi gulai maluncue (meluncur) karena langsung meluncur di perut saat memakannya.

Ada beberapa mitos yang diyakini oleh beberapa warga setempat, bahwa yang menyiangi batang talas adalah orang tertentu yang sudah ahli memasak gulai batang talas sehingga gulai tersebut tidak menimbulkan rasa gatal di mulut saat dimakan. Namun, sebenarnya itu terletak dari teknik pengolahan masakan yang benar. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara masak gulai batang talas ini.

Bahan utama: Batang talas, bila ada buahnya boleh dimasukkan buahnya.

Bahan pelengkap:
– Aneka rempah seperti cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, kunyit, dan jahe.
– Batang serai
– Terong rimbang 
– Daun limau 
– Daun kunyit
– Kelapa parut 
– Santan

Cara memasak :
1. Bersihkan batang talas dengan mengupas bagian kulit arinya. Kemudian potong-potong batangnya sepanjang 2 cm. Cuci bersih dengan air sampai tidak ada lagi buih yang muncul karena getahnya. Kupas juga kulit buahnya dan potong-potong, lalu cuci sampai bersih. Setelah itu, masukkan ke dalam kuali.
2. Taburi garam dan perasan air belimbing wuluh ke dalam kuali yang berisi batang talas tersebut.
3. Haluskan aneka rempah dan tambahkan satu genggam kelapa parut, lalu blender hingga halus. Setelah itu masukkan ke dalam kuali tersebut.
4. Masukkan terong rimbang yang sudah di belah dua, batang serai, daun kunyit, dan daun limau ke dalam kuali.
5. Masak menggunakan air hingga batang talasnya menjadi lunak.
6. Tambahkan santan hinga semua bahan terendam dan aduk semua bahan di dalam kuali yang dimasak menggunakan tungku api.
7. Aduk-aduk hingga mendidih dan semua bahan tercampur menjadi satu seperti bubur.

Catatan: bisa juga menambahkan ikan asin yang dipotong kecil-kecil yang dimasukkan ke dalam gulai saat dimasak. Atau ikan asin yang digoreng terpisah dari gulai talas.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK