Unsyiah Tuan Rumah Forum Wakil Rektor II Se-Indonesia

Foto bersama para peserta Rapat Kerja Nasional Forum Wakil Rektor/ Pembantu Rektor II se Indonesia, di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh, Jumat (26/7).

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Universitas Syiah Kuala menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional Forum Wakil/Pembantu Rektor II Perguruan Tinggi seluruh Indonesia pada 26–28 Juli 2019. Forum yang menghadirkan 55 pimpinan universitas tersebut dibuka oleh Wakil Rektor IV Unsyiah Dr. Hizir di Gedung AAC Dayan Dawood, Jumat (26/7/2019).

Hizir dalam sambutannya mengatakan, Unsyiah merasa sangat terhormat karena telah diberikan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah pada pertemuan tahunan ini. Mengingat, peserta yang hadir adalah para wakil rektor yang bertanggung jawab dalam pengelolaan keuangan pada sebuah perguruan tinggi, sehingga peran mereka dinilai cukup strategis dalam memajukan perguruan tingginya.

Untuk itulah, Hizir berharap, pertemuan ini  bisa menghasilkan gagasan penting terkait pengelolaan keuangan yang efektif bagi  sebuah perguruan tinggi, yang akhirnya turut memajukan mutu pendidikan Indonesia.

Pada kesempatan ini, Hizir juga sempat menyinggung bagaimana Aceh dalam beberapa waktu terakhir ini, telah menjadi perhatian nasional terkait beberapa isu yang menjadi polemik di masyarakat. Meskipun demikian, Hizir tetap berharap pertemuan ini bisa menghasilkan kesan yang baik bagi peserta.

“Kami mengerti bahwa Aceh selalu jadi trending topic. Meskipun demikian, percayalah bahwa kita selalu ingin bersama-sama dengan provinsi lain untuk memajukan Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Forum WR II Indonesia Dr. Mohammad Jamin, mengatakan, forum ini sangat penting karena telah memberikan kontribusi yang positif dalam upaya pengelolaan keuangan, yang hasilnya juga disampaikan kepada pihak-pihak terkait. Ia mencontohkan, bagaimana Mentri Keuangan pernah mengambil kebijakan lalu menjadikan hasil pertemuan forum ini sebagai bahan pertimbangan.

Ia juga mengungkapkan, ada beberapa agenda penting dalam rakernas kali ini. Di antaranya adalah diskusi panel dengan tema pengelolaan keuangan dan konsolidasi untuk pemilihan kepengurusan yang baru.

Khusus diskusi panel, panitia menghadirkan Dirjen Pembendaharaan dan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). Sebab selama ini, tambah Mohammad Jamin, sering terjadi penafsiran yang berbeda terkait peraturan pengeloaan keuangan dari kedua lembaga tersebut.

“Maka kali ini kita coba pertemukan, supaya ada pencerahan bagi kita semua. Sebab tugas BPK juga bukan hanya mengaudit, tapi turut memberikan pendampingan sehingga bisa mengurangi potensi temuan ketika diaudit nanti,” ucapnya.

Pada pertemuan ini, Wakil Rektor II Unsyiah Dr. Agussabti, terpilih sebagai Wakil Ketua Forum Rektor II Se-Indonesia. Sementara ketuanya adalah Wakil Rektor II Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Lasmawan I Wayan.

Turut hadir dalam kegiatan ini  Kepala Biro Umum dan Keuangan Unsyiah Maimun, S.T., MM., Kepala Biro Kemahasiswaan Dr. drh. Mustafa Sabri, M.P. dan Kepala Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat (BPHM) Unsyiah Abdul Rochim, S.Sos., M.Pd. Serta Kepala Auditorat III.C BPK RI Priyonggo Sumbodo.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK