Aceh Diselimuti Kabut Asap

Kabut asap menyelimuti jalan Meulaboh-Tapaktuan di kawasan Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Rabu (17/7/2019) pagi. @Serambi Indonesia/Rizwan

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Akibat dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Aceh Barat, mengakibatkan sejumlah wilayah di Provinsi Aceh diselimuti kabut asap sejak Sabtu (27/7/2019).

“Adapun wilayah yang diselimuti asap akibat kebakaran tersebut yaitu Kabupaten Nagan Raya, Aceh Singkil, Bener Meriah, dan Kabupaten Aceh Jaya,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda, Zakaria, saat dihubungi aceHTrend, melalui telepon, Minggu (28/7/2019). 

Kabut asap bahkan sudah meluas hingga ke Kabupaten Aceh Utara, Aceh Timur, Subulussalam, Kota Lhokseumawe, Aceh Tengah dan wilayah Pidie yang berada di kawasan pegunungan.

Zakaria menyebutkan, penyebab meluasnya kabut asap tersebut karena adanya pusaran angin di sebelah selatan Pulau Simeulu, sehingga asap mulai menyebar ke wilayah lainnya. Apabila dilihat dari arah angin, maka berpotensi menyebar ke seluruh wilayah di Aceh.

Dia menyebutkan jarang pandang di dekat lokasi kebakaran lahan sekitar lima meter. “Semoga saja masalah kabut asap ini bisa segera selesai,” pungkas Zakaria.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK