Dewan Minta Gampong Segera Proses Pencairan Dana Revolving di BPRS

Anggota DPRK Banda Aceh Zulfikar @aceHTrend/Hendra Keumala

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Zulfikar, meminta pemerintah gampong agar segera memeriksa dan mencairkan dana revolving (bergulir) di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS).

Hal tersebut disampaikan Zulfikar kepada gampong-gampong yang tidak memberikan kuasa kepada pemerintah Kota Banda Aceh dan belum melakukan pencairan dana yang mengendap di bank tersebut.

“Namun bagi gampong yang sudah menandatangani dan memberikan kuasa ke Pemerintah Kota Banda Aceh, tinggal menunggu Perwal, karena uang tersebut sudah bisa dicairkan,” kata Zulfikar, Senin (29/07/2019).

Menurut Zulfkar dari hasil rapat terakhir pansus revolving dengan pihak BPRS, mereka bersedia mengembalikan semua dana tersebut kepada pemerintah gampong, hanya saja pihak bank meminta waktu proses pencairan dilakukan secara bertahap baik melalui rekening kuasa maupun ke rekening gampong langsung.

Zulfikar menambahkan, merujuk pada rekomendasi pansus, pengembalian ini harus sudah dilakukan sejak Januari 2019 untuk tahap pertama, kemudian tahap kedua pada Mei 2019, dan tahap tiga Oktober 2019,  tahap keempat selesai di Februari 2020.

Menurut informasi yang diperoleh kata dia, setelah rekomendasi Pansus sampai dengan Juni 2019, gampong yang memberi kuasa kepada Pemko sudah pada tahap proses meminta untuk dikembalikan dari BPRS ke rekening gampong.

Kemudian yang tidak memberikan kuasa kepada Pemko selayaknya mereka ini mendatangi langsung ke BPRS untuk menarik uang tersebut.

“Jika tidak memberikan kuasa bisa menarik langsung, karena sejauh ini kami belum ada laporan apa pun terkait dengan itu, jika pun ada kendala dalam proses penarikan maka kami akan melakukan koordinasi kembali dengan pihak bank,” tutur Zulfikar.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK