DPRA Bukan Makhluk Tak Tahu Aturan

Teungku Anwar (berpeci) saat menjelaskan posisi dana hibah dan bansos yang masuk dalam APBA 2019. Foto: aceHTrend/Ahmad MS.

ACEHTREND.COM, Banda Aceh- Eks Ketua Tim Perumus Anggaran 2019, yang juga anggota Badan Anggaran DPRA, Teungku Anwar Ramli, S.Pd.I., MM., mengatakan anggota DPRA bukan makhluk yang tidak tahu aturan. Penyusunan program hibah dan bansos yang ditampung dalam APBA sudah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Hal ini disampaikan oleh Teungku Anwar, Selasa (30/7/2019) ketika menggelar konferensi pers di ruang rapat Banggar DPRA, didampingi oleh Efendi dan Zulfadhli. Ketiganya merupakan anggota Parlemen Aceh dari Partai Aceh.

Di depan sejumlah wartawan, Anwar mengatakan program hibah dan bansos yang diajukan pihaknya pada RAPBA 2019, merupakan program hibah dan bansos tahun 2018 yang gagal diserap karena lahirnya APBA dalam berntuk Pergub Aceh yang ditandatangani oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf.

Tapi dalam prosesnya, ternyata program hibah dan bansos itu tidak dimasukkan ke dalam RKPA. Sehingga ketika mengetahui hal tersebut, DPRA masih berupaya untuk melakukan upaya lain agar program tersebut ikut dimasukkan. Akhirnya masuklah program-program tersebut dalam KUA-PPAS 2019.

“Selama ini ada kesan bila mayoritas program hibah dan bansos masuk di tengah jalan sehingga bertentangan dengan aturan. Padahal tidak demikian. Secara umum, program yang diajukan oleh DPRA berupa pokir, merupakan program yang semestinya masuk APBA 2018,” kata Anwar.

Ia juga menjelaskan, dinas terkait yang ditempatkan program hibah dan bansos, memiliki waktu yang cukup untuk melakukan verifikasi dan membuat rekomendasi. Masalahnya adalah, tidak adanya pertimbangan TAPA, sehingga membuat sejumlah dinas enggan mengeksekusi program tersebut.

“Jadi berhentilah mengesankan bila DPRA makhluk tak tahu aturan. kami patuh pada aturan. Jangan korbankan citra orang lain, bila ingin menunjukkan diri bersih. Kita semua bekerja untuk kesejahteraan rakyat Aceh. kami juga selain bekerja untuk rakyat secara umum, juga harus memberikan bukti program kepada konstituen yang kami wakili per dapil,” kata Anwar. []

KOMENTAR FACEBOOK