Melihat Koleksi Satwa Taman Safari Gurun Putih Lestari di Jantho

@aceHTrend/Taufik Ar-Rifai

Sebuah pesan masuk ke Whatsapp saya, Minggu (28/7). Isinya, “Peu tajak u Jantho jinoe?” Pesan itu berasal dari Tgk Muharuddin, matan ketua DPR Aceh periode 2014-2018. Ajakan itu langsung saya sambut positif. Selang beberapa menit kemudian, saya tiba di kediamannya di Kompleks Perumahan DPR Aceh di Gampong Meunasah Papeun, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh.

Di sana, Tgk Muhar bersama rekan-rekannya sudah menanti. Sesaat kemudian kami bergegas menuju Jantho, Aceh Besar. Tgk Muhar mengemudikan sendiri Landcruiser Prado miliknya. Sasaran yang kami tuju ialah Taman Safari Gurun Putih Lestari.

Taman ini merupakan kebun binatang pribadi milik Teungku Abdul Hafid Al-Fairusy Al-Baghdadi atau akrab disapa Cut Fit. Ia merupakan anak kandung Abu Tanoh Abee, sekaligus keturunan ke-10 dari Teungku H. Fairus Al Baghdadi atau dikenal dengan Teungku Chik Tanoh Abee. Seorang ulama kharismatik Aceh pada masa Kesultanan Iskandar Muda tahun 1625 Masehi yang turut menyebarkan ajaran Islam pertama ke Indonesia dan keturunan langsung dari Nabi Muhammad saw.

“Taman Safari ini dibangun di area seluas 60 hektare lebih dari lahan seluas 600 hektare. Insyaallah ke depannya akan diperluas lagi,” ujar Cut Fit kepada aceHTrend di lokasi.

Di taman safari ini, terdapat ratusan spesies burung dan mamalia lokal hingga impor. Adapun spesies tersebut di antaranya, burung unta dari Timur Tengah, burung rhea dari Amerika Selatan, burung emu dari Australia, dan Kasuari dari Papua. Selain itu, ada juga burung merak biru dari India, rusa, kambing hutan, rangkong, domba merino, dan satwa lainnya.

Berikut ini foto-foto keindahan taman safari Gurun Putih Lestari yang dikemas dengan balutan taman bunga yang indah:

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK