Menggerakkan Program Literasi di Lokasi KKN

Oleh Nurmasyitah*

Awalnya program literasi yang kami gagas ini tidak direncanakan sama sekali. Inisiatif ini muncul pada Kamis, 4 Juli 2019 dan langsung action hari itu juga. Kami para mahasiswa Unsyiah yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Gampong Darul Aman, Kecamatan Peusangan Selatan, hari itu berkeliling kampung dan mengajak satu per satu anak-anak untuk berkumpul di Posko KKN BR-349.

Sampai di posko, anak-anak tersebut kami ajarkan baca tulis bagi yang belum bisa membaca dan menulis. Untuk murid SD dan pelajar SMP secara terpisah juga ada yang diajarkan bahasa Inggris, ditambah pelajaran berhitung bagi murid SD.

Sambil mengajar kami berusaha mengenali karakter masing-masing anak. Ada yang pendiam, ada yang sebaliknya, sama sekali tidak bisa diam, dan ada yang benar-benar belajar secara serius. Kami menyukai keberanian anak-anak itu yang mau maju ke depan, bahkan mereka berebut untuk maju dan menjawab apa yang kami tanyakan. Kami juga takjub dengan kekompakan anak-anak tersebut. Saat kami mengatakan sesuatu, mereka secara serentak mengulanginya dengan suara lantang. Beragam jenis murid kami hadapi dengan penuh semangat dan kesabaran yang cukup tinggi.

Program kami ini mendapat respons yang sangat baik dari anak-anak Gampong Darul Aman. Respons yang baik ini kami dapatkan ketika kami berkeliling gampong. Anak-anak pun menyapa kami, “Ibu..!”, “Abang..!”

Ke mana pun kami menemukan murid-murid kami, mereka pun dengan ramah memanggil kami. Respons yang sangat baik pula muncul dari istri sekretaris desa dan ibu-ibu di Gampong Darul Aman. Istri sekretaris desa mengatakan, program-program seperti itu sangat mereka butuhkan. Menurutnya anak-anak semakin rajin dengan adanya program seperti itu dan dia berharap dapat berlanjut dengan baik dan akan diberikan honor bila diperpanjang.

Ia lantas menyarankan kami untuk memindahkan lokasi mengajar ke menasah Gampong Darul Aman. Program kami pun diumumkan oleh geuchik di Masjid Al-Mustawa setiap setelah shlat Magrib. Kami pun sangat senang terhadap respons baik dari perangkat-perangkat desa dan warga Gampong Darul Aman. Program kami sejak saat itu berjalan selama tiga kali seminggu, yaitu setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu pukul 14.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Program ini kami laksanakan dengan seefektif dan seefisien mungkin dengan membagi ke beberapa bidang agar ilmu yang disampaikan dapat diserap dengan baik oleh anak-anak Gampong Darul Aman. Selain itu dalam program mengajar ini, kami menambahkan ice breaking di awal dan pertengahan program.

Pada awal program kami menyampaikan mengenai adab yang baik dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan pada pertengahan program kami bermain games bersama murid-murid. Semakin hari murid kami pun semakin ramai, bahkan sampai sekitar 70 orang anak-anak gampong datang untuk belajar dengan kami.

Kami berharap program kami ini dapat memberikan kesan yang baik terhadap warga gampong dan kami berharap apa yang kami sampaikan ke anak-anak dapat dijalankan di kehidupan sehari-hari. Kami ingin mengubah pandangan anak-anak, bahwa sebenarnya dunia itu sangat luas, jangan sampai anak-anak membatasi mimpi mereka untuk menimba ilmu setinggi-tinggi mungkin.[]

*Tim Posko KKN BR-349 Unsyiah di Gampong Darul Aman, Peusangan Selatan, Bireuen

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK