15 Titik Api Terpantau Satelit

Peta sebaran titik api yang terpantai satelit BMKG, Rabu, 7 Agustus 2019.

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Hasil pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh terdapat 15 titikpanas api di Aceh. Pantauan tersebut tertangkap oleh Satelit Terra, Aqua, dan Suomi NPP (sensor modis) pada 6-7 Agustus 2019 pada pukul 06.00 WIB.

Kasi Data dan Informasi BMKG Aceh, Zakaria Ahmad, mengatakan titik api tersebut tersebar di beberapa kabupaten, yaitu Aceh Barat, Aceh Besar, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, dan Gayo Lues.

Zakaria menjelaskan, di kabupaten Aceh Barat terlihat dua titik api meliputi Kecamatan Bubon dan Kecamatan Woyla Barat. Di Kabupaten Aceh Besar terdapat tiga titik api, yaitu di Kecamatan Blang Bintang, dan dua di Kota Leucok.

Sementara di Aceh Tengah terlihat empat titik yang tersebar di Atu Lintang, Kute Panang, dan Linge. Sedangkan di Aceh Tenggara terlihat dua titik api di Lawe Alas.

“Di Kabupaten Gayo Lues terlihat empat titik panas api yang tersebar di Rikit Ghaib, Terangon, dan Teripe Jaya,” kata Zakaria, Rabu (7/8/2019).

Zakaria juga menyampaikan peringatan dini pada masyarakat agar waspada terhadap gelombang tinggi di wilayah perairan Sabang- Banda Aceh, Samudera Hindia Barat Aceh, dan sekitarnya yang dapat mencapai 3.0 meter.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK