KIP Abdya Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019

@aceHTrend/Masrian Mizani

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyelenggarakan evaluasi fasilitasi kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Acara itu berlangsung di Arena Motel Blangpidie, Rabu (7/8/2019).

Ketua KIP Abdya, Sanusi, dalam laporannya menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai dengan tindak lanjut surat edaran dari KPU RI dengan perihal kegiatan evaluasi fasilitasi kampanye pemilu serentak tahun 2019.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut surat edaran KPU RI nomor 100/PL.01.6-SD/06/KP/VII2019 tentang evaluasi fasilitasi kampanye pemilu serantak 2019,” ungakapnya.

Tujuan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk melahirkan rekomendasi sebagai bentuk usulan perbaikan pelaksanaan fasilitasi kampanye pilkada dan pemilu yang akan datang.

“Dengan adanya kegiatan ini kita berharap agar adanya perbaikan di sisi fasilitas seperti titik pemasangan APK, dan APK yang disediakan oleh KIP Abdya, apakah sudah sesuai apa belum,” jelasnya.

Sehingga tambahnya, dengan diselenggarakanya kegiatan tersebut bisa melahirkan catatan yang akan menjadi bahan yang akan disampaikan ke KPU RI.

“Kita berharap dengan adanya kegiatan ini, bisa melahirkan rekomendasi perbaikan dalam proses pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan pemilu yang akan datang,” pungkas Sanusi.

Dalam kesempatan itu, Asiten I Setdakab Abdya, yang diwakili Kabag Pemerintahan Umum, Rizal menuturkan, banyak hal yang perlu dievaluasi dalam proses pelaksanaan pemilu serentak 2019.

“Sebenarnya ada beberapa yang perlu dievaluasi, seperti pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) yang perlu dibenahi,” tuturnya.

Beberapa titik yang telah ditetapkan dalam pemilu serentak 2019 oleh penyelenggara untuk pemasangan APK belum terlaksana sesuai dengan harapan kata Rizal.

“Jika tempatnya sudah ditentukan tapi tidak dipasang, tentu ini terjadi pemborosan anggaran,” cetusnya.

Kegiatan yang bertajuk “Pemilihan Berdaulat Negara Kuat “ tersebut turut dihadiri Komisioner KIP Aceh, Akmal Abzal, Kabag Pemerintahan Umum Setdakab Abdya Rizal, Ketua KIP Abdya Sanusi, Ketua Panwaslih Abdya Ilman Saputra, perwakilan Kajari Abdya, Dandim 0110 Abdya, perwakilan Kapolres, para camat serta unsur parpol di Abdya.[]

Editor : Ihan Nurdin