170 Hewan Ternak Disiapkan untuk Meugang di Abdya

@aceHTrend/Masrian Mizani

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Sebanyak 170 ekor ternak berupa sapi dan kerbau disiapkan untuk menyambut meugang Iduladha 1440 Hijriah di Kabupaten Abdya.

Kabid Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Abdya, Laili Suhairi, mengatakan, hewan-hewan tersebut dipotong di empat lokasi terpisah di sejumlah kecamatan.

“Untuk Kecamatan Blangpidie disiapkan sebanyak 101 ekor kerbau dan sapi. Lokasi pemotongannya di tempat daerah aliran sungai (DAS) Krueng Susoh,” ungkapnya, Jumat (9/8/2019).

Selain di Blangpidie, lanjut Laili, para pedagang juga akan memotong hewan ternak kerbau dan sapi di pasar Tanjung Bunga, Kecamatan Tangan-Tangan sebanyak 9 ekor, di Kecamatan Babahrot 20 ekor, dan di Kecamatan Manggeng sekitar 43 ekor.

“Harga daging kerbau dan sapi pada meugang Iduladha ini kita prediksikan rata-rata Rp180 ribu/kilogram. Harga yang kita prediksikan itu masih sama dengan harga daging meugang sebelumnya,” paparnya.

Menurut Laili, tingginya harga daging kerbau dan sapi di daerahnya setiap memasuki hari meugang dikarenakan minimnya hewan ternak yang dipotong. Sementara permintaan daging hari tersebut meningkat, tajam lantaran hampir rata-rata warga beli daging.

“Membeli daging kerbau atau sapi pada hari meugang itu sudah menjadi tradisi warga Abdya sejak dahulu. Jika masyarakat belum beli daging pada hari meugang rasanya belum lengkap hari raya,” tuturnya.

Berdasarkan surat edaran Bupati Abdya bahwa hari meugang (hari potong) di daerah tersebut jatuh pada Sabtu, 10 Agustus 2019 atau sehari sebelum hari raya Iduladha 1440 Hijriah.

Surat edaran kepala daerah tersebut ditujukan kepada para camat di sembilan kecamatan untuk selanjutnya disampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat di wilayah kerjanya masing-masing.[]

Editor : Ihan Nurdin