Masyarakat Abdya Siapkan 1.500 Hewan Ternak untuk Dikurbankan

Tempo

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Masyarakat Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang tersebar di sembilan kecamatan telah menyiapkan 1.500 hewan ternak untuk dikurbankan pada hari raya Iduladha 1440 Hijriah nanti.

Kabid Peternakan Dinas Pertanian Abdya, Laili Suhairi, mengatakan hewan ternak tersebut berupa sapi, kerbau, kambing, dan domba.

“Sapi sebanyak 103 ekor, domba 631 ekor, kerbau 199 ekor, dan kambing 534 ekor. Jadi, semua hewan kurban tersebut sebagiannya berasal dari peternak lokal, sisanya didatangkan dari luar Abdya,” jelasnya, Jumat (9/8/2019).

Ia menyebutkan, semua hewan kurban baik lokal maupun yang didatangkan dari Kabupaten Aceh Besar, Bireun, Gayo Lues, dan Simeulue telah dimonitor dan diperiksa oleh petugas kesehatan hewan di kecamatan, mulai dari kecamatan Lembah Sabil, Manggeng, Tangan-Tangan, Setia, Blangpidie, Susoh, Jeumpa, Kuala Batee, hingga Kecamatan Babahrot.

“Semua hewan kurban itu sudah diperiksa kesehatannya oleh dokter hewan. Petugas tiap hari turun ke tiap-tiap desa untuk memonitornya,” katanya.

Laili berharap seluruh masyarakat Abdya khususnya yang memelihara ternak kurban agar memberi pakan (umpan) alami seperti rumput-rumputan yang hijau supaya ternak menjadi sehat.

“Terkadang tradisi kita sudah berlebihan juga, ada yang kasih pisang goreng, kasih minum kopi dan lain sebagainya, dan itu sebaiknya dihindari. Kasih saja umpan rumput yang alami,” pesannya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK