Mahasiswi Asal Aceh Jadi Lulusan Terbaik Tercepat di UIN Sunan Kalijaga

Uswatun Hasanah @ist

ACEHTREND.COM, Yogyakarta – Mahasiswi asal Aceh, Uswatun Hasanah, menjadi lulusan terbaik dan tercepat dengan predikat cumlaude dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Ia telah mengikuti wisuda periode IV di Gedung Prof Amin Abdullah UIN Sunan Kalijaga, Kamis (8/8/2019).

Putri pasangan Husaini dan Wahyuni ini sebelumnya mengenyam pendidikan S1 Hukum Ekonomi Syariah di UIN Ar-raniry Banda Aceh. Setelah itu ia melanjutkan studi magister Hukum Bisnis Syariah di UIN Sunan Kalijaga. Ia menyelesaikan pendidikannya dalam kurun waktu 1 tahun 6 bulan 27 hari, dinobatkan sebagai mahasiswi tercepat dan terbaik dengan IPK 3.98.

Uswatun Hasanah berasal dari Desa Seukem, Kecamatan Delima, Kabupaten Pidie. Selain aktif di perkuliahan, Uswah juga aktif di kegiatan-kegiatan sosial lainnya, termasuk di berbagai organisasi dengan menjadi Pengurus Himpasay (Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Aceh-Yogyakarta) periode 2018-2019, di For-master (Forum Magister) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga. Kegigihannya dalam menuntut ilmu pengetahun membuat Uswah pernah mengikuti kegiatan pelatihan Sharia Banking Training Center Yogyakarta dan English Training of EFAST 1 program di ELFAST Pare, Kediri.

Untuk menyelesaikan studi masternya, ia menulis tesis berjudul Strategi Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah pada BSM KC. Aceh Perspektif Maqashid Asy Syariah. Ditulis selama empat bulan.

“Ini karena kecintaan saya terhadap ilmu hukum bisnis syariah dan menginspirasi saya untuk melakukan penelitian di salah satu Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Aceh,” katanya kepada aceHTrend melalui siaran pers, Sabtu malam (10/8/2019).

Harapannya, Aceh bisa lebih maju dan bangkit dari ketinggalan, tetap pada poros syariat Islam sebagai pondasi dalam menyelesaikan segala keruwetan.

“Jangan pernah menutup diri untuk mendapatkan ilmu baru dari orang lain, meskipun ilmu tersebut tidak sesuai pikiran kita,” kata Uswah berpesan kepada generasi muda.

KOMENTAR FACEBOOK