Jamaah Tarbiyah Islamiyah Mazhab Syafi’i Gelar Doa Bersama di Makam Tgk Abdul Jalil

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Balai Pusat Tarbiyah Islamiyah Mazhab Syafi’i menggelar doa bersama di makam pahlawan kemerdekaan Tgk Abdul Jalil Cot Pling Bayu di Gampong Beunot, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara, Rabu (14/8/2019).

Doa bersama ini bagian dari peringatan ke-74 kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2019 nanti. Almarhum Tgk Abdul Jalil Cot Pling Bayu dikenal sebagai salah satu sosok yang turut memperjuangkan kemerdekaan RI di Aceh. Karena itu, dalam momentum ini sosoknya tetap harus dikenang.

Sebelumnya para jamaah lebih dulu berkumpul di Pesantren Darul Mukminin Kandang, Muara Satu, Kota Lhokseumawe. Kemudian melakukan konvoi dengan sepeda motor menuju ke makam pahlawan nasional tersebut.

Pimpinan Balai Pusat Tarbiyah Islamiah Mazhab Syafi’i, Tgk H Usman Ibni Abdillah mengatakan, Tgk Abdul Jalil Cot Pling Bayu merupakan salah satu ulama besar dan pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Beliau juga salah satu ulama yang memproklamirkan kemerdekaan Indonesia bersama Bung Karno,” katanya.

Selain Tgk Abdul Jalil juga ada ulama-ulama lain semisal Abu Hasan Krueng Kale.

Balai Pusat Tarbiyah Islamiyah Mazhab Syafi’i sudah berdiri sejak masa kerajaan jauh sebelum kemerdekaan Indonesia. Karena itu kata Tgk Usman, lembaga ini memiliki peran besar dan berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan RI, sehingga dalam Pancasila butir satu dan kedua terkandung makna Tarbiah Islamiah Mazhab Syafi’i dengan tujuan memperbaiki moral bangsa.

“Jadi kami imbau kepada Pemerintah Republik Indonesia untuk menjalankan Tarbiyah Islamiyah Mazhab Syafi’i demi negara yang makmur, adil dan beradab, karena kemerdekaan Indonesia diraih berkat jasa pahlawan ulama,” imbaunya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK