Begini Cara Siswa Sukma Bangsa Pidie Peringati Perdamaian Aceh

ACEHTREND.COM, Sigli – Momentum hari perdamaian Aceh ke-14 pada Kamis, 15 Agustus 2019 diperingati secara unik oleh siswa Sekolah Sukma Bangsa Pidie.

Para siswa dibantu guru terjun langsung ke masyarakat di sekitar sekolah untuk membagi-bagikan kue. Para siswa juga menyampaikan langsung kepada masyarakat mengenai urgensi menjaga perdamaian.

Kegiatan ini diawali dengan upacara, lalu dilanjutkan dengan pidato dari Direktor Sekolah Sukma Bangsa Pidie, Marthunis Bukhari.

Dalam upacara tersebut, Marthunis mengatakan, peringatan perdamaian harus diisi dengan hal-hal positif.

“Semua kita dapat menjaga perdamaian. Sebagai guru, siswa, dan staf karyawan di lingkungan sekolah dapat mengisi perdamaian dengan melakukan tanggung jawab berdasarkan peran dan profesi masing-masing,” katanya.

Marthunis juga menyentil persoalan kemiskinan di Aceh yang mendapat peringkat satu sebagai provinsi termiskin di wilayah Sumatera, serta peringkat ke-6 secara nasional.

“Secara kuantitas anggaran pemerintah kita lebih besar dibandingkan provinsi tetangga, Sumatera Utara, dan jumlah penduduk kita lebih sedikit dari mereka. Tapi kita lebih miskin. Mari kita merawat perdamaian yang sudah susah didapatkan ini, yakni dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif,” ujarnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK