Ikatan Saudagar Muslim Aceh Optimis Abdya Jadi KEK Barsela

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Ketua Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Provinsi Aceh, Nurchalis, optimis bila Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) akan menjadi pusat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Barat Sselatan (barsela) Aceh. 

Nurchalis menyampaikan hal tersebut kepada awak media saat peninjauan Teluk Surin di Gampong Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee, Abdya bersama rombongan Tim Persiapan Pembentukan KEK dan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Barat-Selatan Aceh, Kamis (15/8/2019).

“Dari sisi geografisnya Teluk Surin memenuhi syarat. Apalagi wilayahnya yang strategis berada di tengah-tengah delapan kabupaten/kota, kemudian terintegrasi sangat dekat dengan sejumlah negara di Asia Selatan,” ujarnya.

Menurutnya cukup banyak potensi sumber daya alam di barat selatan Aceh yang bisa diekspor ke mancanegara, terutama dari hasil pertanian maupun perkebunan, baik sawit, kelapa, pinang, kopi, dan komoditas unggulan lainnya.

“Pertama kita memohon doa dan dukungan seluruh masyarakat terhadap pembentukan KEK dan KIT barat-selatan ini menjadi yang utama agar terbuka sebuah kran investasi perdagangan internasional di kawasan ini,” ajaknya.

Kemudian, katanya, dukungan dari semua pihak juga sangat dibutuhkan dalam pengembangan KEK dan KIT wilayah barat selatan Aceh.

“Ini yang menjadi cita-cita kita bersama, makanya kami all out bersama teman-teman. Kami juga mohon dukungan teman-teman media agar barat-selatan ini kita jadikan sebuah pertumbuhan ekonomi baru, sehingga cita-cita Presiden Jokowi terhadap target ekspor akan meningkat,” pungkas Nurchalis.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK