Tim Debat Konstitusi Unsyiah Juarai Kompetisi Debat MK

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Tim Debat Konstitusi Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) berhasil keluar sebagai Juara 2 Kompetisi Debat Nasional Piala Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia XII Tahun 2019.

Kegiatan bergengsi ini diselenggarakan di Hotel Shangri-La Jakarta, pada Kamis (15/08/2019).

Tim debat Unsyiah diperkuat oleh Sultan Rizky Muhammad, Rini Maisari, dan Raudhatul Jannah.

Pembimbing Tim Debat Konstitusi FH Unsyiah M. Zuhri, SH MH, yang juga Ketua Bagian Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Unsyiah, dalam rilisnya kepada aceHTrend mengatakan, hasil yang ditoreh oleh anak asuhnya patut diapresiasi, perjuangan menuju babak final merupakan prestasi bagi Tim Debat Unsyiah.

“Alhamdulillah kita bisa mencapai babak final. Ini semua karena kerja keras dari anak-anak (mahasiswa-red) kita yang tidak kenal lelah,” ujarnya, Jumat (16/8/2019).

Zuhri mengakui, perjalanan menuju Debat Konstitusi cukup melelahkan, “Terkadang mereka hanya tidur dua jam saja,” ungkap Zuhri.

Di samping itu, Zuhri juga menyampaikan terima kasih atas doa dan dukungan dari seluruh sivitas akademika Fakultas Hukum Unsyiah dan alumni, terutama dalam persiapan sebelum keberangkatan. 

Sejak persiapan tim, kala itu menurut Zuhri banyak hal dan tema didiskusikan, sesuai dengan keahlian para dosen. Para pengajar turut mendampingi persiapan tim, mengarahkan tim untuk menguasai materi dengan baik.

Dukungan juga mengalir dari pimpinan Fakultas Hukum dan jajaran dekanan yang memberikan spirit dan modal bagi Tim Debat, sehingga berhasil sampai pada babak final Debat Konstitusi MK Tahun 2019 dan berhasil memperoleh Juara 2. 

Kompetisi debat kali ini berhasil mengantarkan Unsyiah untuk pertama kalinya lolos pada babak penyisihan grup. Sebelumnya, Tim Debat telah melewati babak seleksi berkas yang diikuti sebanyak 144 tim se-Indonesia. 

“Pada saat penyisihan di grup, Unsyiah berhasil menjadi Juara Satu Regional Barat, perjalanan itu alhamdulillah berhasil membawa Unsyiah keluar sebagai Juara 2 di tingkat nasional setelah mengalahkan Universitas Mataram dan UIN Syarif Hidayatullah di babak penyisihan. Kemudian berhasil pula mengalahkan Universitas Sebelas Maret Solo pada babak perempat final serta Universitas Diponegoro pada babak semifinal,” kata Zuhri.

Dewan Juri dari kompetisi debat ini terdiri atas Hakim Konstitusi, Pakar Hukum, dan Akademisi Hukum Tata Negara, termasuk pula Ketua Ombudsman RI. 

Pertandingan pada babak final tersebut turut dihadiri langsung oleh Rektor Unsyiah Prof Dr Ir Samsul Rizal, MEng, dan Dekan FH Unsyiah Prof Dr Ilyas Ismail, SH, MHum.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK