Wabup Bireuen Tabur Bunga ke Pusara Husen Jusuf

Wakil Bupati Bireuen H. Muzakar A. Gani (kiri) saat melakukan prosesi penyiraman dan tabur bunga ke pusara Kolonel Husen Yusuf, Jumat (16/8/2019) di Geulumpang Payong, Kecamatan Jeumpa, Bireuen. (Humas)

ACEHTREND.COM, Bireuen- Dalam rangka peringatan HUT ke 74 Republik Indonesia, Wakil Bupati Bireuen H. Muzakar A. Gani, beserta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Jumat (16/8/2019) melakukan upacara militer di makam Kolonel Husen Jusuf, salah seorang putra Bireuen yang memiliki peran besar ketika perang mempertahankan kemerdekaan RI.

Upacara militer yang disertai tabur bunga, dilakukan oleh Wakil Bupati Bireuen, sebagai bentuk ungkapan rasa terima kasih atas partisipasi Husen Jusuf dan istri dalam perang mempertahankan kemerdekaan Indonesia, yang kala itu nyaris dikuasai kembali oleh NICA.

Kolonel Husen Jusuf adalah Panglima Divisi X Komandemen Sumatera Utara, Langkat dan Tanah Karo, yang kemudian menjadi cikal bakal berdirinya Kodam Iskandar Muda dan Kodam Bukit Barisan. tidak hanya sendiri, Husen Jusuf berjuang bersama istri tercinta Letnan Dua Ummi Salamah. Dalam kiprahnya, Husen Jusuf memiliki jasa besar pada Perang Medan Area. Dia dan istrinya juga salah satu inisiator berdirinya radio darurat Radio Rimba Raya pada Juli 1947.

Pusara keduanya berada di Gampong Geulumpang Payong, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen. []

KOMENTAR FACEBOOK