17 Agustus, Karyawan SPBU Kampung Mulia Pakai Baju Adat

Lia Faradila dan Puja Agustiara @aceHTrend/Ihan Nurdin

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Beragam cara dilakukan oleh masyarakat untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia yang jatuh pada hari ini, Sabtu (17/8/2019). Jauh-jauh hari sebelum hari H tiba, masyarakat sudah menaikkan bendera Merah Putih sebagai ungkapan kebahagiaan momentum kemerdekaan tersebut.

Salah satu keunikan merayakan HUT RI kali ini terlihat di SPBU Kampung Mulia, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh. Seluruh karyawan pengisian bahan bahak untuk shift pagi yang berjumlah delapan orang semuanya memakai pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Amatan aceHTrend di lokasi pagi ini, di antaranya tampak mengenakan pakaian adat Aceh, Sunda, Papua, Bali, hingga Gayo.

Salah satu di antara mereka, Puja Gustiara (22) menceritakan, kegiatan seperti ini telah menjadi tradisi di SPBU tersebut sejak beberapa tahun lalu.

“Sebenarnya di tempat kami ini bukan cuma saat 17 Agustus saja, tetapi juga saat Hari Kartini, atau Hari Pelanggan Nasional, dan hari-hari khusus lainnya,” ujar Puja.

Mengenakan pakaian adat bali @aceHTrend/Ihan Nurdin

Hal itu diamini oleh temannya Lia Faradila (23). Menggunakan pakaian adat ini merupakan instruksi dari manajemen SPBU. Mereka diberi kebebasan untuk memilih pakaian adat mana yang akan dikenakan. Namun untuk seluruh biaya sewa kostum sudah ditanggung oleh manajemen. Jadi, tak ada uang pribadi sepeser pun yang mereka keluarkan.

“Hanya saja supaya kami tetap nyaman saat bertugas, pakaiannya kami pilih yang fleksibel. Seperti saya misalnya, mengenakan pakaian adat Aceh, tetapi untuk hiasan kepalanya saya pilih yang ringan,” ujar Lia.

Para karyawan shift pagi tersebut mulai bertugas sejak pukul enam hingga pukul tiga sore nanti. Di SPBU ini terdapat sembilan karyawan pengisian bahan bakar, dua di antaranya laki-laki.

“Tapi karena yang cowoknya satu orang sedang cuti, jadi hari ini kami cuma berdelapan yang pakai baju adat,” ujarnya.

Bagi mereka hal ini menjadi kebahagiaan tersendiri. Meski pun di hari penting ini mereka tidak bisa mengikuti upacara bendera sebagaimana warga lainnya, tetapi dengan memakai kostum adat seperti itu di tempat kerja, semangat yang dirasakan tetap sama.

“Kami senang-senang aja seperti ini dan sama sekali tidak mengganggu aktivitas,” ujar Lia dengan nada ceria.

Amatan aceHTrend di lokasi, pemandangan unik itu tampaknya menarik perhatian pelanggan. Terlihat beberapa pelanggan yang sedang mengisi bahan bakar mengabadikan para karyawan tersebut melalui kamera ponsel mereka.

Suasana kemerdekaan yang meriah terasa sekali di SPBU ini. Terlihat dari dipasangnya umbul-umbul warna-warni di area SPBU. Selain itu juga terdapat aneka balon warna-warni menghiasi beberapa sudut SPBU. Dirgahayu Indonesia![]

KOMENTAR FACEBOOK