Nova: Aceh Hebat Harus Bisa Diraih Melalui Kebudayaan

ACEHTREND.COM, Blangkejeren – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah optimis Aceh Hebat bisa juga diraih melalui pintu kebudayaan, karena Aceh punya potensi kebudayaan dan kesenian yang besar.

“Selaku kepala Pemerintah Aceh saya berharap, Aceh Hebat itu bisa juga kita raih melalui pintu kebudayaan, melalui pintu berkesenian,” kata Nova Iriansyah saat membuka Festival Saman di Stadion Seribu Bukit, Blangkejeren, Gayo Lues, Senin, 19 September 2019.

Kata Plt Gubernur, dalam kaitan ini apabila kita melihat Saman yang merupakan salah satu keunggulan Aceh di tingkat global dan sudah diakui dunia sebagai warisan tak benda, maka tidak perlu malu-malu lagi untuk menampilkan saman sebagai jati diri kita yang menjadi kebanggan dunia.

“Ini salah satu aset bangsa, terutama bagi kita rakyat Aceh, terkhusus lagi rakyat Gayo. Karena secara filososfis saman mengandung unsur keluhuran budaya yang tak terpisahkan dari norma kearifan lokal,” jelas Nova Iriansyah.

Karena itu, sebagai kekayaan khasanah budaya saman wajib dilestarikan dengan cara apa pun.

“Kesungguhan kita melestarikan saman adalah bagian upaya kita untuk meraih kesejahteraan dan kejayaan negeri ini,” demikian kata Nova Iriansyah.

Hadir pada pembukaan Festival Saman Bupati Gayo Lues, Bupati Aceh Tamian, Wakil Bupati Aceh Tenggara, Perwakilan Bupati Aceh Tengah, Kadis Pariwisata dan kebudaan Aceh, Kadis Sosial Aceh, Wakil ketua DPR Aceh Dalimi, perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Museum Nasional, dan Undangan lainnya.[] (adv)

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK