Sulaiman Abda: DPRA Berkomitmen Rawat Perdamaian Aceh

Sulaiman Abda dan sejumlah unsur pimpinan DPRA, berfoto bersama seusai acara KKDN. (Humas DPRA)

ACEHTREND.COM, Banda Aceh- Wakil Ketua DPRA Drs. H. Sulaiman Abda, M.Si., Selasa (20/8/2019) mengatakan pihaknya berkomitmen menjaga langgengnya perdamaian di Aceh. 14 tahun usia perdamaian merupakan ikhtiar bersama semua pihak.

Hal ini disampaikan oleh Sulaiman Abda, kala memberikan sambutan pada acara kunjungan peserta didik SESPIMTI POLRI Dikreg ke-28 tahun 2019. Kunjungan mereka ke DPRA dalam rangka Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) di wilayah hukum Polda Aceh.

Di hadapan peserta kegiatan, Sulaiman mengucapkan rasa syukur kehadirat Allah, karena besar sekali hikmah damai yang dirasakan Aceh. DPRA sendiri, merupakan nama khusus yang berbeda dengan wilayah lain di Indonesia. Secara keanggotaan juga istimewa, karena lebih banyak 1 per empat dari DPRD di luar Aceh.

“Berbagai tugas dan kewenangan DPRA mengacu pada Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintahan Aceh,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, politikus senior Golkar Aceh itu juga menjelaskan, di DPRA selain diisi oleh anggota legislatif dari partai nasional, juga ada perwakilan partai lokal dari Partai Aceh, Partai Nanggroe Aceh dan Partai Damai Aceh. Lagi-lagi, adanya partai lokal di parlemen, buah dari perjanjian damai antara GAM dan Pemerintah Pusat di Helsinki, Finlandia, pada 15 Agustus 2005.

Ia juga mengatakan, pencapaian 14 tahun perdamaian Aceh, tidaklah diraih begitu saja. Tapi merupakan hasil dari kesiapan semua pihak untuk menjaga agar damai tetap abadi di Serambi Mekkah. DPRA, sebagai lembaga perwakilan rakyat, memiliki komitmen yang tinggi untuk ikut serta merawat perdamaian yang telah susah payah dibangun oleh kedua belah pihak.

[]

KOMENTAR FACEBOOK