Mahasiswa Baru STAIN Dirundeng Dikenalkan Budaya Akademik

ACEHTREND.COM, Meulaboh – Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh mengadakan Pengenalan Budaya Akademik (PBAK) untuk mengenalkan seluk beluk kampus kepada mahasiswa baru. Kegiatan itu diikuti 310 mahasiswa baru dan berlangsung pada Selasa-Kamis (20-22/8/2019).

Selama tiga hari para peserta difokuskan pada pengenalan Sistem Informasi Akademik (Siakad), pengenalan sistem perpustakaan, dan berbagai organisasi kampus mulai pengelolaan kampus hingga kemahasiswaan.

“Agar nantinya mahasiswa paham dan mampu secara mandiri melakukan pengisian KRS, dan memanfaatkan berbagai sistem yang digunakan kampus,” ujar Zuliadi Miska, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan kepada aceHTrend, Rabu (21/8/2019).

Miska yang juga sebagai Kepala Subbag Akademik dan Kemahasiswaan menjelaskan, selain materi tentang tata kelola kampus, mahasiswa juga dibekali dengan materi wawasan kebangsaan. Hal ini bertujuan untuk menanamkan sikap cinta tanah air dan menanamkan sikap idealism mahasiswa sebagai agen perubahan.

Materi wawasan kebangsaan diberikan oleh Letkol Inf Adhe Hansen selaku Komandan Resor Militer (Danrem) 012 Teuku Umar. Selain itu juga hadir Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Aceh Barat AKBP H Raden Bobby Aria Perkasa, yang akan memberikan materi mengenai penangkalan hoaks dan radikalisme.

“Masing masing akan mengisi di hari pertama dan kedua, sedangkan di hari ketiga materi akan diisi UPT Perpustakaan,” jelas Miska.

Danrem 012/TU Letkol Inf Adhe Hansen dalam materinya menyampaikan, kegiatan ini sangatlah baik dilakukan sebagai tradisi kampus, sebagai pendatang baru di dunia akademisi mahasiswa dirasa perlu dibekali dengan pemahaman tentang kebangsaan. Adhe Hansen berharap kegiatan berlangsung aman sesuai dengan aturan-aturan dan norma-norma yang wajar.

Sementara itu, Ketua STAIN Teungku Dirundeng meulaboh Dr Inayatillah, MAg mengarahkan agar mahasiswa baru dapat memanfaatkan ajang PBAK sebagai ajang unjuk kemampuan, Inayatillah juga mengarahkan para mahasiswa baru dapat menunjukkan minat dan bakatnya. Inayatillah juga mengucapkan selamat datang para mahasiswa baru, Ia berharap mahasiswa baru dapat menjadi pembeda dalam mewujudkan STAIN yang lebih baik.

“Semoga PBAK menjadi awal yang baik, tentunya menjadi motivasi bagi semua,” katanya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK