Lima Pelajar Bakal Wakili Aceh di Ajang FLS2N Banten

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Lima pelajar SMP akan mewakili Aceh dalam ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Nasional Tahun 2019 yang direncanakan berlangsung di Banten pada 15-21 September 2019.

Kelima pelajar tersebut merupakan pemenang FLS2N se-Aceh yang digelar pada 19-22 Agustus di Banda Aceh. Masing-masing, yaitu pelajar SMPN 3 Langsa yang memenangkan kategori musik tradisional, pelajar SMPN 1 Idi Aceh Timur untuk kategori seni tari, pelajar SMP Arun untuk kategori lomba gitar duet, pelajar dari Pidie untuk kategori menyanyi solo, dan pelajar SMPN 5 Sabang untuk kategori desain poster.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, diwakili Kabid Pembinaan SMA dan PKLK Dinas Pendidikan Aceh, Zulkifli, saat menutup event tersebut menyampaikan bila pendidikan di SD dan SMP merupakan bagian dari sistem pendidikan yang menyeluruh dalam rangka pembinaan karakter anak, agar tumbuh dan berkembang secara seimbang baik jasmani maupun rohani.

“Pembinaan karakter anak yang dimaksudkan meliputi penguasaan ilmu pengetahuan, pembentukan kepribadian, moral, regilius serta memiliki keterampilan hidup menuju generasi muda yang potensial,” ujarnya.

Ia menjelaskan, kegiatan FLS2N jenjang SMP bertujuan untuk memberikan wadah berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif bagi peserta didik di tingkat dasar, dengan mengedepankan sikap sportivitas dalam pengembangan diri secara optimal, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.

“Di sisi lain kegiatan FLS2N jenjang SMP diharapkan dapat meningkatkan kreativitas, memotivasi peserta didik untukĀ mengekspresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya,” terangnya.

Ia mengharapkan, melalui FLS2N jenjang SMP ini dapat tetap terpeliharanya semangat dan komitmen para praktisi pendidikan di daerah, sehingga memungkinkan mereka selalu berupaya mengembangkan proses pendidikan khususnya bidang seni dan budaya.

Kepada pemenang yang akan mewakili Provinsi Aceh ke tingkat nasional, ia meminta mulai saat ini secara terus menerus menempa diri dengan berlatih dan berdoa.

“Kita berdoa dan berharap, agar duta-duta Aceh di FLS2N tingkat nasional akan mendapat prestasi yang gemilang. Begitu juga yang belum berhasil menjadi juara, jangan berputus asa, teruslah belajar, sehingga pada suatu saat nanti juara yang diidamkan akan dapat diraih, anggaplah kegagalan adalah merupakan keberhasilan yang tertunda,” katanya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK