Unsyiah Juara Umum di IMT-GT Thailand

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Universitas Syiah Kuala berhasil meraih juara umum di event Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Varsity Carnival Ke-21 yang berlangsung di Walailak University, Thailand, 23-28 Agustus 2019. Unsyiah berhasil mengalahkan 11 universitas lainnya yang ikut terlibat dalam kegiatan tahunan ini.

Ketua kontingen sekaligus Wakil Rektor III Unsyiah, Dr. Alfiansyah Yulianur BC mengatakan, Unsyiah berhasil meraih medali emas untuk cabang olahraga sepak bola, tenis, dan fun run. Sedangkan medali perak berhasil diperoleh dari cabang bulutangkis. Selain itu, di bidang seni budaya Unsyiah berhasil mendapatkan predikat The Best Promising Group.

Dengan perolehan ini, kontingen Unsyiah berhasil menggungguli universitas lain dan mendominasi perolehan medali dari cabang yang dipertandingkan.

“Keberhasilan ini adalah hasil kerja keras semua tim Unsyiah, terutama para mahasiswa yang telah berjuang sangat maksimal,” ujarnya, Rabu (28/8).

Alfian menambahkan, pada tahun ini Unsyiah mengirim 72 orang yang terdiri atas atlet, official, dan para wakil dekan III bidang kemahasiswaan sebagai pendamping. Mahasiswa Unsyiah berlaga di pertandingan olahraga sepak bola, bulu tangkis, tenis, voli, dan fun run.

Sementara di kategori seni budaya, tim Unsyiah menampilkan lima pertunjukan, yaitu tari pukat, tari peumulia jamee, tari guel, tari kontemporer, dan prsentasi tentang kebudayaan seni Aceh. Selain itu, tim seminar Unsyiah juga mempresentasikan tentang kearifan lokal.

Rektor Unsyiah, Prof. Samsul Rizal, mengapresiasi pencapaian tim Unsyiah tersebut. Terlebih lagi ini merupakan tahun kedua Unsyiah terlibat sepanjang event berlangsung. Keberhasilan ini menjadi penyemangat bagi civitas Unsyiah untuk terus membesarkan perguruan tinggi ini.

“Walaupun Unsyiah baru dua tahun terlibat di IMT-GT, tetapi kita berhasil meraih prestasi dan mengungguli kampus lain,” ujarnya.

Rektor juga memastikan jika tahun depan Unsyiah ditunjuk menjadi tuan rumah IMT-GT Ke-22. Prestasi ini menurutnya menjadi langkah awal sebagai tuan rumah yang baik.

Selain Unsyiah, kampus Indonesia yang terlibat adalah Universitas Sumatra Utara, Universitas Negeri Medan, dan Institut Teknologi Medan. Sedangkan dari Malaysia adalah Universitas Utara Malaysia, Universitas Perlis, Universitas Kedah, dan Institut Teknologi Mara. Sementara dari Thailand adalah Prince of Songkhla University, University Thaksin, Universitas Rajamenggala Srivijaya, dan Universitas Walailak.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK