Mahasiswa Baru UIN Ar-Raniry Dibekali Orientasi Perpustakaan

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry menggelar orientasi perpustakaan bagi mahasiswa baru Tahun Akademik 2019/2020 di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry. Kegiatan tersebut berlangsung selama lima hari pada 28 Agustus-1 September 2019.

Ketua pelaksana, Yusrawati, M.IP menjelaskan orientasi perpustakaan ini untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar bagi mahasiswa baru dalam mengenal perpustakaan secara umum, dan khususnya dalam mencari informasi, serta memanfaatkan fasilitas perpustakaan.

“Secara umum materi yang diberikan kepada mahasiswa baru adalah tentang pengenalan sarana dan fasilitas perpustakaan, pengenalan katalog dan alat penelusuran lainnya termasuk penerapan layanan mandiri di Perpustakaan,” kata Yusrawati.

Pada saat pengenalan perpustakaan, kata Yusra para narasumber dan instruktur akan menjelaskan berbagai informasi tentang perpustakaan dan dilanjutkan dengan tur keliling ke beberapa ruang koleksi dan pembekalan dengan praktik dan simulasi.

“Orientasi perpustakaan dijadwalkan selama lima hari yang diawali dengan mahasiswa luar negeri. Selanjutnya sebanyak 4.596 mahasiswa baru dibagi dalam beberapa kelompok berdasarkan program studi masing-masing fakultas,” kata Yusra.

Sementara itu, Kepala UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry, Drs. Khatib A. Latief, M.LIS mengatakan bahwa sebenarnya tujuan pelaksanaan orientasi perpustakaan adalah sebagai sarana pengenalan dan promosi perpustakaan untuk mengoptimalkan pemanfaatan layanan perpustakaan.

“Kalau dulu, orientasi perpustakaan terfokus pada hal-hal teknis, sekarang lebih berorientasi kepada pengguna. Dari perubahan tersebut, maka sangat dibutuhkan pendidikan pengguna atau user education,” kata Khatib.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK