Muslizar: 1 Muharam Momentum Meningkatkan Iman dan Takwa

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Wakil Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Muslizar MT mengatakan, tahun baru Islam merupakan hari yang penting bagi umat Islam, karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam, yaitu hijrahnya Nabi Muhammad saw dari Kota Mekkah ke Madinah pada tahun 662 Masehi.

Peristiwa bersejarah itu kata Muslizar, terjadi pada 1 Muharram tahun baru kalender Hijriah. Namun tahun hijrah Rasulullah dari Mekkah ke Madinah itu diambil sebagai awal perhitungan bagi kalender Hijriah.

“Dengan tahun baru Islam ini, tentu saja kita akan sadar, bahwa umur kita semakin berkurang. Dengan menyadari hal yang demikian itu tentunya kita akan kembali untuk mendekatkan diri kepada Allah, dalam arti meningkatkan iman dan ketakwaan kita kepada-Nya,” ungkap Muslizar dalam sambutan memperingati hari besar Islam 1 Muharram 1441 Hijriah di Kompleks Masjid At-Taqwa Manggeng, Minggu malam (1/9/2019).

Muslizar mengajak, agar seluruh masyarakat berusaha untuk mengoreksi diri terkait amalan-amalan yang pernah dilakukan, baik amalan baik maupun amalan buruk.

“Bila yang kita lakukan sudah mencerminkan kebaikan, maka kita berusaha untuk meningkatkan amalan tersebut, tapi sebaliknya, bila tahun lalu amalan yang kita kerjakan jauh dari kebenaran, maka kita berusaha dengan optimal untuk melangkah menuju kebenaran, supaya perjalanan hidup kita ini semakin lama semakin baik sehingga menjadi insan yang baik mulai di dunia lebih hingga akhirat,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Muslizar juga menyentuh terkait adanya masyarakat Abdya yang lebih memilih mengadakan lomba kicau burung dibandingkan memperingati 1 Muharram. Padahal, katanya, di gampong tersebut sedang dilaksanakan kenduri kuburan dan pawai taaruf.

“Karena itulah tidak berlebihan rasanya kalau kami menggunakan kesempatan yang berbahagia ini untuk menyerukan kepada seluruh umat Islam di Kabupaten Abdya, agar senantiasa mempelajari, menggali, dan mengaktualisasikan peristiwa hijrah tersebut dalam kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Ia berharap dengan momentum tahun baru Islam ini dapat membawa kesadaran bagi masyarakat terhadap makna sesungguhnya dari hijrah yang dijadikan momentum awal perhitungan tahun hijriah bagi umat Islam.

Di akhir sambutannya, Muslizar mohon dukungan dan doa kepada seluruh masyarakat Abdya agar apa yang sedang diusahakan perintah daerah saat ini, salah satunya untuk menjadikan kawasan Abdya sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Pantai Barat Selatan dapat terwujud.

“Pertama sekali atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya kami ingin berharap dukungan dan doa dari masyarakat Abdya, agar KEK Barsela dapat terwujud di kabupaten yang kita cintai ini,” punya Muslizar.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK