Muslizar: Hardikda Jangan Sekadar Seremoni

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Wakil Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Muslizar MT menegaskan bahwa Hari Pendidikan Aceh (Hardikda) yang diperingati setiap tahun bukan sekadar seremoni yang diwarnai dengan upacara belaka. Namun, harus menjadi momentum untuk mengevaluasi diri, sejauh mana pencapaian pendidikan yang diraih selama ini.

Selain itu, tambahnya, di momentum Hardikda ini pula, harus menjadi cambuk untuk melahirkan generasi yang cakap, religius, kreatif, inventif, pekerja keras, berdaya saing tinggi, dan berkarakter keacehan.

“Dengan generasi muda yang berkualitas, insyaallah kita akan mampu membawa perubahan menuju Aceh Hebat di masa mendatang seperti yang dicanangkan oleh Pemerintah Aceh,” ungkap Muslizar dalam peringatan Hardikda ke–60 di Abdya, Senin (2/9/2019).

Dalam pembangunan sektor pendidikan untuk membangun Aceh, sebut Muslizar, Pemerintah Aceh menempatkan pendidikan sebagai salah satu prioritas pembangunan dalam RPJMA 2017-2022, melalui program “Aceh Carong”. 

Pemerintah Aceh bertekad untuk mewujudkan generasi Aceh yang mampu bersaing dan mengukir prestasi di tingkat nasional dan regional yang dicapai melalui pendidikan yang berkualitas.

Untuk mendukung program tersebut, tambahnya, Pemerintah Aceh tidak hanya mengalokasikan anggaran pendidikan sekitar 20 persen dari APBA, tapi juga diperkuat pula dengan dukungan dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA).

Muslizar mengatakan, dalam mewujudkan pembangunan pendidikan yang berkualitas, diperlukan pembenahan dan penguatan yang lebih komprehensif dalam membangun sistem pendidikan di daerah melalui berbagai program peningkatan mutu yang berkesinambungan.

“Agar hal tersebut berjalan dengan baik, maka para pihak terkait, seperti Kepala Dinas Pendidikan, kepala sekolah, guru, pengawas sekolah, komite sekolah, manajemen penyelenggara, dan masyarakat harus dapat meningkatkan peran dan tanggung jawabnya sesuai dengan kedudukan dan tupoksi masing-masing,” pungkas Muslizar.

Dalam upacara Hardikda tersebut turut hadir, Sekda Abdya, Drs. Thamrin, Dandim 0110/Abdya diwakili  Danramil 07/Babahrot  Kapten Inf Moh. Arifin, Kapolres Abdya, diwakili Kabagren Kompol Sulaiman, Kejari Abdya, diwakili H. Azwar. SH, anggota DPRK Abdya Julinardi, Ketua KIP Abdya,  Sanusi S. Pd, Asisten Setdakab Abdya, Amrizal ,S.Sos, Kepala BPN Blangpidie Zulkarnain, SH. MH, dan para unsur SKPK serta para PNS dalam lingkungan pemkab Abdya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK