Pemkab Bireuen Targetkan Aneuk Gajah Rhot Beroperasi 2020

2 Tahun Pemerintah Bireuen di Tangan Saifannur-Muzakar

Bupati Bireuen Saifannur. (Analisa Daily)

ACEHTREND.COM, Bireuen-Pemerintah Kabupaten Bireuen menargetkan Irigasi Aneuk Gajah Rhot, yang berlokasi di Gampong Lawang, Peudada, serta irigasi Mon Seuke Pulot, di Peusangan Siblah Krueng dan Makmur, bisa digunakan tahun 2020.

Hingga saat ini Pemkab Bireuen terus mengejar realisasi penuntasan pembangunan kedua irigasi tersebut. Bila kedua objek vital pertanian itu selesai, sebagian kebutuhan air sawah untuk petani, akan tertangani.

“Kita berharap tahun 2020 ketiga irigasi itu sudah dapat dimanfaatkan, perlu dukungan semua pihak untuk kelancaran pembangunan irigasi dan saluran distribusinya,” kata Bupati Saifan­nur di Peusangan Selatan, beberapa waktu.

Pengembangan Sapi Indukan

Bidang peternakan, Dinas Perta­nian Bireuen melakukan pengembangan sapi indukan di sen­tra peternakan di Gampong Ranto Panyang, Ke­camatan Juli. Se­banyak 50 ekor sapi je­nis brahman cross bantuan kemente­rian kini dikelola di Ranto Panyang.

Sebanyak 45 ekor lainnya dikelola tiga kelompok peterna­kan di Kecamatan Peusangan Selatan, Peusangan dan Sim­pang Mam­plam. Ke depan, sentra peternakan Ran­to Panyang dilengkapi fasilitas pendu­kung untuk menjadi kawasan wisata pete­r­nakan dan tempat pelatihan peternakan.

Pada masa Saifannur-Muzakkar, turut merealisasikan pe­les­tarian situs sejarah ma­kam Kolonel Husen Yusuf di Desa Geu­lumpang Payong, Kecamatan Jeumpa dan memu­gar makam Habib Abdurrah­man Al Habsyi bin Alwi atau Ha­bib Bugak di Desa Pante Peusangan, Kecamatan Jangka, Bireuen. [*]

KOMENTAR FACEBOOK