Dua Mahasiswa UIN Ar-Raniry PKL di Pustaka Ruman

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Dua mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry melakukan praktik kerja lapangan/PKL atau magang di Pustaka Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Rumah Baca Aneuk Nanggroe (Ruman) Aceh.

PKL dimulai sejak 2 September hingga 2 November 2019 di Pustaka PKBM Ruman di Gampong Punge Blang Cut, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh. Mereka didampingi satu dosen sebagai supervisor, yakni Saifuddin Rasyid.

Saifuddin mengatakan, PKL merupakan bagian dari kegiatan akademik di Prodi Ilmu Perpustakaan (IP) pada Fakultas Adab dan Humaniora UIN ARRaniry. Program ini dirancang untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dalam menyerap keadaan ril di kehidupan nyata dunia perpustakaan.

“Mereka telah dilatih di kampus dengan teori terkait ilmu perpustakaan. Namun, PKL ini diharapkan dapat memberikan dimensi lain dari perpustakaan sebagai pengayaan kecendekiawanan calon sarjana sebelum mereka diberi gelar dan terjun ke masyarakat,” ujar Saifuddin melalui siaran pers, Jumat (6/9/2019).

Semester ini, lanjut Saifuddin, Prodi IP mengirim 88 mahasiswa PKL yang tersebar di berbagai perpustakaan di Banda Aceh dan Aceh Besar.

“Mewakili prodi, saya menyampaikan terima kasih kepada Ruman Aceh yang telah bersedia membuka pintu untuk dua mahasiswa kami menjalankan Program PKL. Semoga dengan kesempatan ini mereka mendapat wawasan praktis mengenai perpustakaan yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat,” imbuh Saifuddin.

Sementara itu, Ketua TBM Ruman Aceh, Fadillah Islami memberi apresiasi positif terhadap kegiatan PKL tersebut, sembari menjelaskan bahwa pustaka komunitas di RUMAN Aceh merupakan salah satu dari lima kegiatan rutin pihaknya.

“Saat ini jumlah koleksi kita mencapai 20 ribu bahan bacaan yang belum tersusun sebagaimana lazimnya sebuah pustaka. Sebab kami belum punya relawan yang berlatar belakang pustakawan. Meski demikian, kami terus begerak,” tutur Fadil.

Selain pustaka komunitas, kata Fadil, pihaknya menggelar wisata buku gratis Mibara (Minggu Baca Rame-rame) setiap pagi Minggu di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh sejak 18 Mei 2014. Secarra rutin Ruman juga meminjamkan bacaan ke-44 titik rumah pustaka yang tersebar di sebelas kabupaten/kota se-Aceh. 

“Kegiatan ini merupakan perdana bagi kami, terima kasih banyak kepada Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry atas atensi dan apresiasinya kepada khidmah sederhana kami,” pungkas Fadil.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK