Nasib Nelayan Aceh Barat, Ingin Menjaring Ikan Malah Dapat Batu Bara

Warga menunjukkan batu bara yang tersebar di pantai, Jumat, 6 September 2019. @aceHTrend/Sudirman Z

ACEHTREND.COM, Meulaboh – Tumpahan batu bara di pantai Gampong Peunaga Pasie, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat semakin menggelisahkan warga. Pasalnya, hingga Jumat (6/9/2019) batu bara yang mencemari kawasan pantai tersebut belum juga dibersihkan.

Warga meminta pihak perusahaan atau pemerintah daerah serius turun ke lokasi untuk membersihkan batu bara yang telah merusak keindahan pantai sejak beberapa hari terakhir.

Baca: Ini Tanggapan PLTU Terkait Pencemaran Limbah Batu Bara di Aceh Barat

Kepala Dusun Samudra, Gampong Peunaga Pasie, Muklis, kepada wartawan Jumat sore (6/9/2019) mengungkapan, bila masalah ini terus dibiarkan, selain berdampak buruk bagi para nelayan kecil, juga menurunnya wisatawan lokal yang berkunjung ke pantai tersebut.

“Selama ada limbah batu bara, nelayan kami sangat terjepit, Pak. Tidak bisa lagi menjaring ikan. Kadang-kadang kalau kita pergi menjaring, malah batu bara yang masuk ke jaring. Bukan lagi udang,” kata Mukhlis dengan nada mengeluh.

Baca: Penjelasan PT Mifa Soal Tumpahan Batu Bara di Pantai Aceh Barat

Selain itu, Mukhlis juga berharap, dalam kegiatan pembersihan, pihak perusahaan harusnya melibatkan warga desa. Paling tidak, kata Mukhlis, tim perusahaan yang ditugaskan turun ke lokasi, supaya berkoordinasi terlebih dahulu dengan warga.

“Kalau turun membersihkan bilang dulu sama warga di sini, supaya kami juga dilibatkan. Kami tidak tahu, apakah desa lain sudah dibersihkan atau belum, yang pasti tempat kami, di Desa Peunaga Pasie belum,” kata Mukhlis.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK