Selain Berpolitik Mahasiswa juga Dianjurkan Berwirausaha

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Anggota DPD RI asal Aceh, Fachrul Razi mengatakan orang sukses adalah orang yang sering jalan-jalan ketika usahanya sedang berjalan. Ia mencontohkan, dua di antaranya adalah Makmur Budiman dan Jamaluddin yang telah sukses sebagai pengusaha.

“Jadi kebebasan finansial yang beliau-beliau ini capai perlu kita ikuti,” ujar Fachrul Razi saat memberikan materi dalam acara Ngopi Bisnis dan Night Party yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Banda Aceh di Kantor HMI Cabang Banda Aceh, Jumat sore (6/9/2019).

Fachrul Razi juga mengatakan, generasi muda politik dan entrerpreneur atau pengusaha sangat berbahaya untuk Aceh ke depan.

“Saya melihat hal yang sangat berbahaya dari acara hari ini adalah saya melihat tokoh muda politik yang juga sangat kritis, tapi hari ini juga mereka bertransformasi menjadi tokoh muda bisnis dan entrepreneur. Itulah kalian semua, ini sangat ‘berbahaya’ untuk Aceh ke depan,” tutur Fachrul Razi diiringi tepuk tangan dari peserta.

“Jika ingin membuat inovasi-inovasi bisnis, membangun pengusaha muda sebanyak-banyaknya dan jika ingin membangkitkan Aceh secara ekonomi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah aksi atau kepung kantor gubernur, kalau tidak melakukan itu tidak akan berubah karena mindset kita berfikir adalah dimulai dari aksi,” lanjut Fachrul Razi menanggapi salah satu pertanyaan dari peserta.

Sementara itu, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Aceh Makmur Budiman, pada kesempatan yang sama dalam penyampaian materinya lebih menekankan kepada bagaimana menjadi mahasiswa yang multitalenta.

“Menjadi mahasiswa tidak hanya belajar di buku, kita juga dituntut harus multitalenta, seperti kita lihat di Aceh kenapa Aceh lama dan berkembang itu karena mahasiswa Aceh kurang multitalenta,” sebut Makmur.

Dia juga berharap agar mahasiswa Aceh jangan hanya berpikir selesai kuliah menjadi ASN, tapi harus sama-sama berpikir mewujudkan mahasiswa yang multitalenta. Karena kemajuan Aceh juga merupakan tanggung jawab sekian ribu mahasiswa Aceh.

Setelah itu juga dilanjutkan penyampaian materi oleh para pemateri lainnya dan acara dilanjutkan pada malam hari dengan kegiatan live music persembahan dari kader-kader HMI Cabang Banda Aceh.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK