Barongsai Aceh Berlaga di Turnamen Dunia

Barongsai Golden Dragon saat memainkan aksinya pada kategori taulo bebas. Foto: Doc. HAKKA Aceh.

ACEHTREND.COM, Banda Aceh- Klub Golden Dragon binaan Yayasan HAKKA Aceh, yang merupakan klub barongsai, akan berlaga pada turnamen tingkat dunia di kota Henan, Zhengzhou, Tiongkok, pada 17/22 September 2019.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Yayasan HAKKA Aceh Kho Khie Siong (Aky) beberapa hari lalu melalui siaran pers. Aky yang juga Ketua FOBI Aceh, menjelaskan bahwa Barongsai Aceh yang berada di bawah asuhannya, akan tampil pada turnamen Gong Yi Cooper Camel Cup Hakka Dragon & Lion Dance International Invitational Tournament.

Sebelumnya, tambah Aky, tim barongsai Golden Dragon telah mewakili Aceh pada Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX 2016 di Jawa Barat dan berhasil meraih medali perunggu. Selain itu, mereka juga kerap mengikuti berbagai kejuaraan nasional yang digelar di Jakarta dan Padang.

“Keberangkatan kami ke Tiongkok mewakili Perkumpulan HAKKA Indonesia Sejahtera (PHIS). Jadi kami adalah perwakilan Indonesia. Di sana kami akan memperkenalkan Aceh sebagai negeri kita bersama,” ujar Aky.

Keberangkatan tim Golden Dragon ke tanah Tiongkok, tambah Aky, akan membawa sembilan atlet dan empat offisial. Di sana, mereka ikut satu kategori yaitu toulo bebas (tonggak), yang merupakan kategori paling bergenggsi di barongsai.

“Keberangkatan tim kita telah direkomendasikan pula oleh PB FOBI dan KONI Aceh,” imbuh Aky.

KOMENTAR FACEBOOK