Kiriman Asap dari Riau Pengaruhi Penerbangan di Aceh

Ilustrasi

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kantor Bandara Malikussaleh, Aceh Utara menyatakan sejumlah wilayah di Provinsi Aceh seperti Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara diselimuti asap kiriman dari Provinsi Riau, Minggu (8/9/2019). Akibatnya berpengaruh ke jarak pandang dan mengganggu penerbangan.

 “Untuk kegiatan penerbangan cukup mengganggu mengingat jarak pandang horizontal dan vertikal yang cukup pendek. Kami sudah sampaikan kondisi itu ke pengelola bandara dan maskapai, keputusan terbang atau tidak pesawat tentu berada di tangan masing-masing maskapai,” sebut Prakirawan BMKG Kantor Bandara Malikussaleh, Winda Retha Taranita, kepada awak media, Minggu (8/9/2019).

“Jarak pandang mendatar saat ini di Lhokseumawe sekitar 4.000 meter dan jarak pandang ke atas sekitar 700 meter, padahal di Aceh hari ini tidak terpantau titik panas. Sehingga dipastikan kebakaran lahan di Riau menjadi penyebab kabut asap yang menyelimuti daerah itu,” sebutnya.

Untuk masyarakat, sambung Winda, BMKG mengimbau untuk berhati-hati dalam berkendaraan, seiring potensi menurunnya jarak pandang.

“Kami menganjurkan untuk menggunakan masker ketika melaksanakan aktivitas di luar ruangan, serta banyak minum air saat beraktivitas di luar rumah untuk menjaga kesehatan,” pungkasnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK