Suami Menikah Lagi, Istri Boleh Lapor ke Kejari Abdya

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) memberikan pelayanan hukum gratis bagi perempuan yang suaminya menikah lagi di luar sepengetahuan istri.

Pelayanan hukum gratis tersebut tertera di banner yang terpasang di depan halaman kantor Kejari Abdya, Gampong Keudai Paya, Kecamatan Blangpidie.

Dalam banner yang dipasang kejaksaan tersebut bertuliskan: Suami Anda Menikah Lagi, Tanpa Izin dari Anda ??? Konsultasikan dan Laporkan Kepada Kami. Jaksa Pengacara Negara Kejari Abdya Siap Melindungi Hak-Hak Perdataan Anda.

Saat dikonfirmasi awak media, Kejari Abdya, Abdul Kadir, melalui Kasi Perdata dan Tata Usaha, Handri membenarkan bahwa pihaknya akan memberikan pendampingan hukum gratis bagi istri yang suaminya menikah tanpa izin dari istri.

“Ia benar, kita akan berikan pendampingan hukum gratis bagi istri yang suaminya menikah lagi tanpa sepegetahuannya, karena itu tidak sesuai dengan ketentuan negara,” ungkap Hendri, Kamis (12/9/2019).

Langkah yang akan diambil oleh Kejari Abdya berupa pembatalan pernikahan suaminya dengan istri kedua tersebut. Namun lanjut Handri, terkait kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), pemalsuan domumen, pihaknya tidak bisa memberikan pendampingan hukum, sebab itu merupakan ranah pihak kepolisian.

“Kalau pemalsuan dokumen nikah atau KDRT itu tetap jalur kepolisian, karena kalau yang ini khusus pembatalan pernikahannya saja,” pungkas Handri.

KOMENTAR FACEBOOK