Bupati Akmal dan ISMI Pusat Tinjau Teluk Surin Abdya

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Bupati Abdya, Akmal Ibrahim bersama rombongan Majelis Pimpinan Pusat (MPP) Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) meninjau lokasi Surin Industrial Smart City (SISC) di Gampong Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee, Abdya, Sabtu (14/9/2019).

Dalam peninjauan tersebut, ikut hadir Wakil Bupati Abyda, Muslizar, Wakil Ketua Umum ISMI Pusat, Drifa Alisjahbana, Ketua ISMI Aceh Nurchalis, Sekda Abdya, para asisten, kepala SKPK terkait, dan puluhan pejabat lainnya.

Kepada awak media Akmal mengatakan, pihaknya hingga saat ini terus bekerja keras menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dan persiapan untuk kelayakan kehadiran KEK di Abdya.


“Kita masih usulan calon KEK, mungkin akhir tahun sudah diputuskan oleh provinsi, kabupaten mana yang layak penempatan KEK tersebut. Untuk itu tentu kita terus berusaha dan merangkul semua elemen agar KEK ditetapkan di Abdya,” ungkap Akmal.

Ia mengatakan, bila nantinya Abdya terpilih sebagai pusat KEK, dirinya akan mengajak semua kabupaten di barat selatan Aceh untuk sama-sama terlibat dalam KEK tersebut.

”Jika nanti kita yang terpilih, kita butuh dukungan dari semua kabupaten. Kalau mau besar maka harus dengan cara kerja sama. Sebab masalah KEK ini adalah kebutuhan semua kabupaten/kota yang ada di barsela,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum ISMI Pusat, Drifa Alisjahbana, mengatakan, peninjauan Teluk Surin yang dilakukan ISMI Pusat guna melihat langsung lokasi tersebut sebagai calon penempatan KEK di barat selatan Aceh.

“Kalau untuk hasil peninjauan ini, kita perlu membahasnya lebih rinci dulu. Tidak bisa langsung memutuskan sekarang. Tapi saya sangat setuju dengan pemikiran bupati yang ingin merangkul semua elemen di pantai barat selatan Aceh,” paparnya.

Selain ingin melihat langsung lokasi Teluk Surin, Drifa mengaku bahwa kunjungan yang dilakukan oleh pihaknya merupakan kunjungan awal untuk kelanjutan pembangunan Teluk Surin sebagai cikal bakal pusat KEK barat-selatan ke depannya.

“Saya apresiasi Pemkab Abdya karena sudah sekian tahun telah banyak menyiapkan hal untuk mempersiapkan. Saya sangat optimis karena kawasan industri Surin yang kita rencanakan bersama-sama setidaknya memiliki empat faktor untuk sukses ke depan,” tuturnya.

Faktor pertama, kata Drifa, secara geografis posisi Teluk Surin cukup strategis di tengah-tengah delapan kabupaten/kota di pantai barat-selatan Aceh.

“Faktor pertama itu harus kita syukuri karena Allah telah memberikan sebuah teluk yang sangat alami, dan bentuk syukur itu tidak cukup alhamdulillah saja, tapi kita harus memanfaatkan sebanyak-banyaknya untuk kepentingan umat,” katanya.

Kedua, Pemerintah Abdya dalam hal ini Bupati Akmal Ibrahim bersama seluruh kepala SKPK dan masyarakatnya dinilai memiliki niat dan tekad serta ikhtiar yang sangat luar biasa dalam mewujudkan cita-cita Teluk Surin sebagai pusat KEK barat-selatan Aceh.

“Saya kasih apresiasi untuk masyarakat Abdya, karena kalau cuma niat saja banyak yang bisa. Tapi ini dilakukan dengan ikhtiar, buktinya saat rombongan Bupati Akmal hadir ke Jakarta sangat banyak dokumen hasil persiapan sebelumnya yang diperlihatkan kepada kita,” sebutnya.

Artinya kata dia, Pemkab Abdya selama ini telah berikhtiar dan bahkan ditambahkan lagi dengan telah terbangunnya infrastruktur jalan dengan lebar 30 meter dan ketersediaan lahan yang luas, sehingga Teluk Surin memiliki potensi besar untuk direalisasikan sebagai pusat kawasan industri.

“Selama ini banyak daerah-daerah lain di tanah air berniat menjadi pusat kawasan industri, tapi tidak berikhtiar,” ujarnya.

Faktor ketiga, sambungnya, dalam merencanakan sesuatu khususnya kawasan industri di sebuah kawasan harus komprehensif  atau menyeluruh dan Kabupaten Abdya juga telah berusaha melakukannya.

“Faktor keempat ini sangat jarang dilakukan daerah lain, di mana dalam mengembangkan sebuah industri, stakeholder di Abdya juga melibatkan para pelaku industri dan dilibatkan bukan pelaku industri umum, tapi saudagar-saudar muslim se-Indonesia,” pungkasnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK