Mahasiswa UIN Ar-Raniry Dilatih Desain Grafis

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Sebanyak 29 mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Ar-Raniry dilatih dan dibekali pelatihan desain grafis menggunakan software CorelDraw. Kegiatan tersebut berlangsung di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry selama dua hari pada Sabtu-Minggu (14-15/9/2019).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Ekonomi Syariah FEBI UIN Ar-Raniry itu menghadirkan narasumber sekaligus instruktur tunggal dari Aceh Library Consultant (ALC), Rahmatal Ambiya, ST yang juga CEO Rahmatal Design Corporation.

Ketua pelaksana, Reva Nanda mengatakan bahwa pelatihan ini untuk memberdayakan mahasiswa khususnya Prodi Ekonomi Syariah dalam mengembangkan kreativitas dan peningkatan skill terutama dalam hal desain grafis, mengingat semakin banyaknya pelaku usaha atau jasa yang memerlukan jasa desain grafis.

“Kegiatan pelatihan dasar desain grafis ini diikuti sebanyak 29 peserta yang berasal dari mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah dan ada juga mahasiswa lainnya dari UIN Ar-Raniry,” kata Reva Nanda.

Sementara itu, Dekan FEBI, Dr. Zaki Fuad, M.Ag diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. Analiansyah, M.Ag mengatakan, perguruan tinggi saat ini dituntut tidak hanya membekali para mahasiswanya dengan ilmu pengetahuan dan keahlian teknis yang berhubungan dengan disiplin ilmunya. Namun juga harus mulai melakukan pengembangan soft skill anak didiknya.

“Saat ini instansi pemerintah maupun swasta dalam merekrut pegawai tidak lagi melihat dari tingginya IPK, tetapi juga melihat dari aspek lainnya karena era sekarang ini butuh SDM yang siap pakai serta memiliki keterampilan khusus,” katanya.

Selain itu, kata Analiansyah pelatihan ini dimaksudkan untuk menjawab tantangan kerja ke depan, karena tenaga desain grafis menjadi tenaga kerja yang dibutuhkan di dunia kerja di era digital saat ini.

“Melalui kegiatan ini kita berharap para peserta memiliki kemampuan tambahan berupa keterampilan desain grafis sehingga mampu menciptakan peluang lapangan pekerjaan sendiri,” katanya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK