Tips Menikmati Keindahan Candi Borobudur

ist

Salah satu destinasi wisata di Jogja yang hingga kini masih cukup menarik para wisatawan adalah Candi Borobudur. Bangunan candi yang dibandung pada masa Dinasti Syailendra ini dikenal sebagai salah satu candi agama Buddha termegah di dunia.

Tak heran, karena bangunannya yang megah dan agung ini, Candi Borobudur pun sempat masuk ke dalam tujuh kejaiban yang ada di dunia. Bukan cuma itu, candi yang dibangun pada abad ke-7 ini juga ditetapkan sebagai salah satu warisan kebudayaan yang ada di dunia (world heritage) oleh organisasi UNESCO.

Tidak sedikit dari wisatawan yang berkunjung ke Jogja menyempatkan dirinya untuk mampir ke Candi Borobudur. Nah, kalau kamu ada rencana untuk pergi ke Candi Borobudur, berikut ini ada beberapa tips menikmati keindahan Candi Borobudur.

Menikmati Sunrise atau Sunset

Selain berkeliling melihat situs-situs bersejarah, cara yang paling sering dilakukan untuk menikmati Candi Borobudur adalah dengan datang di pagi hari atau senja. Hal ini dimaksudkan para wisatawan untuk menikmati keindahan sunrise (matahari terbit) atau sunset (matahari terbenam).

Dengan datang pada pagi atau senja, kamu bisa menikmati keindahan Candi Borobudur dari waktu yang lain dari biasanya. Kamu pun bisa memperoleh hasil foto yang menarik dengan memanfaatkan langit senja dengan sinar matahari yang berkilauan.

Untuk menikmati sunset memang tidak diperlukan tiket khusus. Berbeda dengan sunrise, di mana kamu harus membeli tiket khusus dari Hotel Manohara. Hotel yang terletak di sekitaran kompleks Candi Borobudur ini memang menawarkan tiket masuk untuk menikmati sunrise.

Harga tiketnya memang mahal, yakni Rp350.000 per orang untuk turis lokal (dewasa). Selain mendapatkan tiket masuk, kamu juga akan mendapatkan fasilitas lain berupa sarapan dan suvenir.

Bersepeda

Selain berkeliling dengan berjalan kaki, kamu pun bisa berkeliling di sekitaran kompleks Candi Borobudur dengan menggunakan sepeda. Wisata gowes yang satu ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur.

Kamu bisa menemukan wisata gowes ini dengan mengunjungi penyedia jasa yang ada di sekitar Candi Borobudur. Harga paket wisata yang ditawarkan pun beragam. Biasanya penyedia jasa tersebut akan menawarkan rute-rute yang berbeda, seperti misalnya mengunjungi Desa Wanurejo.

Di desa yang menamakan dirinya sebagai Kampung Wisata Borobudur ini kamu bisa menemukan berbagai macam aktivitas menarik, mulai dari melihat pemandangan alam yang indah, artefak candi, sampai produk kesenian lokal.

Festival Pelepasan Lampion

Cara menikmati Candi Borobudur berikutnya ini mungkin tidak bisa dilakukan setiap hari. Ya, kamu harus datang ke Candi Borobudur pada perayaan hari raya umat Buddha atau tepatnya di bulan Mei. Festival Lampion ini sendiri menjadi salah satu agenda yang wajib didatangi ketika berkunjung ke Candi Borobudur.

Ratusan lampion akan diterbangkan dari Candi Borobudur. Bagi umat Buddha, pelepasan lampion ini memiliki makna melepaskan segala hal negatif yang ada di dalam diri dan digantikan dengan kesucian. Selain menghadirkan wisata yang religius, pelepasan lampion ini juga menjadi daya tarik bagi fotografer.

Kamu yang memiliki hobi fotografi tentu tidak akan melewatkan momen yang satu ini. Pastika mempersiapkan peralatan fotografi yang mumpuni. Tak ketinggalan, kamu yang mungkin beragama lain harus senantiasa menjaga sikap ketika ritual digelar.

Nah, itu dia tadi beberapa tips menikmati keindahan Candi Borobudur. Apakah kamu sudah ada rencana untuk pergi ke Jogja? Jika belum, kamu bisa memesan tiket pesawat di Traveloka. Memesan tiket pesawat di Traveloka memperoleh sejumlah keuntungan, salah satunya promo yang berlimpah. Pesan tiket pesawat di sini sekarang juga.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK