BKSDA Aceh Selatan Selamatkan Kucing Emas

Seekor kucing emas yang berhasil diamankan oleh BKSDA Aceh Selatan, Minggu (15/9/2019). Foto: ist.

ACEHTREND.COM, Tapaktuan- Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Aceh Selatan berhasil mengamankan seekor kucing emas (asiatic golden cat) berusia 11 tahun, di Kecamatan Trumon Timur, Aceh Selatan, Minggu (15/9/2019).

Kepala BKSDA Aceh Selatan, Wirly mengatakan, awalnya masyarakat setempat mengira kucing emas itu anak harimau. Setelah menerima laporan dari warga, pihak BKSDA setempat pun turun ke lokasi. “Awwalnya masyarakat mengira kucing emas itu anak harimau. Setelah kami turun ke lokasi, ternyata itu kucing emas,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, untuk menangkap kucing emas itu, dilakukan secara tradisional, yaitu dengan metode penghalauan yang dilakukan oleh masyarakat.

“Penangkapan yang kita lakukan tidak memakai alat apapun, hanya dengan cara dihalau oleh masyarakat,” ungkap Wirly, Senin (16/9/2019).

Untuk saat ini, katanya, hewan langka tersebut berada di BKSDA Aceh Selatan. Nantinya pihaknya akan merilis kembali ke lokasi yang tepat. Sebab saat ini pihaknya masih mencari lokasi hutan yang cocok untuk merilis kucing emas tersebut.

“Kita akan cari dulu di mana tempat yang pas untuk kucing emas itu tinggal. Setelah mendapat lokasi yang cocok langsung kami rilis. Kondisi kucing emas itu dalam keadaan sehat dan tidak mengalami cidera saat penangkapan kemarin,” pungkasnya.

Editor: Muhajir Juli

KOMENTAR FACEBOOK