Fasilitas di Destinasi Wisata Danau Anak Laut Mulai Dibangun

ACEHTREND.COM, Singkil – Setelah lama tak disentuh pembangunan, akhirnya Pemkab Aceh Singkil membangun berbagai fasilitas di Danau Anak Laut (DAL) Gosong Telaga.

Pembangunan berbagai fasilitas ini bertujuan untuk mengembangkan Danau Anak Laut menjadi destinasi wisata alternatif di Aceh Singkil.

Hal ini disampaikan Kabid Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Aceh Singkil, Surkani, kepada aceHTrend, Senin (16/9/2019).

“Pemkab Aceh Singkil sekarang sedang membangun Danau Anak Laut Gosong Telaga sebagai objek wisata alternatif di Aceh Singkil,” ungkap Surkani. 

Ia menambahkan, pembangunan berbagai fasilitas untuk tahap awal, di antaranya taman wisata dan restoran multifungsi lengkap dengan ruang rapat.

Selain itu, tambah Surkani lagi, akan dibangun pula sarana olahraga air, bebek dayung, kayaking, dan wahana bermain lainnya.

“Termasuk membangun replika kapal pincalang yang pernah digunakan para saudagar Singkil dulu ketika berdagang ke berbagai negara. Replika itu bisa dijadikan objek berfoto ria,” urai Surkani.

Penataan Danau Anak Laut Gosong Telaga yang terletak di Singkil Utara, Aceh Singkil itu, mendapat dukungan dan respons positif dari warga setempat.

Lukman salah seorang warga mengatakan, pembangunan Danau Anak Laut sebagai objek wisata perlu didukung. Sebab kehadiran objek wisata sekarang, sangat cepat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Jadi, kalau selama ini Danau Anak Laut hanya dijadikan warga sebagai tempat mencari nafkah, seperti menjaring dan memancing, sekarang mulai bertambah sebagai destinasi wisata terbuka.

“Jika Danau Anak Laut menjadi objek wisata di samping meningkatkan pendapatan asli daerah juga menggerakkan perekonomian masyarakat, di sekitar danau akan tumbuh sentra-sentra usaha ekonomi baru,” tukas Lukman.[]

Namun, Lukman berharap dijadikannya Danau Anak Laut sebagai objek wisata terbuka di samping tidak merusak lingkungan juga tetap menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan kearifan lokal.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK