Mata Ie Kering Kerontang, Bupati Aceh Besar Imbau Warga Gelar Salat Istisqa

Bupati Aceh Besar Mawardi Ali saat meninjau kolam Mata Ie, Rabu, 18 September 2019. @aceHTrend/Hendra Keumala

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Bupati Aceh Besar Mawardi Ali mengimbau warga melaksanakan salat Istisqa atau salat minta hujan. Hal itu disampaikan Mawardi Ali saat meninjau kolam pemandian Mata Ie di Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar yang sejak beberapa waktu terakhir kering total, Rabu (18/9/2019).

Sumber mata air Mata Ie selama ini dimanfaatkan PDAM Tirta Montala untuk menyuplai air bersih ke rumah-rumah warga di Kecamatan Darul Imarah dan sebagian warga Banda Aceh. Namun sejak kekeringan terjadi warga sekitar mengaku kesulitan untuk mendapatkan suplai air bersih. Warga terpaksa harus menunggu malam hari untuk mendapatkan jatah air mengalir ke rumahnya.

“Saya menghimbau seluruh masyarakat Aceh Besar, untuk berdoa di menasah dan mesjid, agar segera diberikan hujan supaya sumber mata air di Mata Ie kembali mengalir,” kata Mawardi.¬†

Mawardi menambahkan, kekeringan disebabkan kemarau panjang yang terjadi selama ini, di samping itu kata dia memang selama ini juga maraknya penebangan liar di wilayah pegunungan Mata Ie.

“Memang kemarau ini sudah berada di puncak, kami berharap dalam satu dua hari ini sudah mulai turun hujan, insyallah sore ini akan hujan,” kata Mawardi Ali.

Selaian itu tambah Mawardi, sebagaimana diketahui selama ini maraknya penebangan liar sehingga menyebabkan seperti ini. Dalam hal ini ia berharap semua masyarakat agar dapat menjaga hutan dan tidak melakukan penebangan liar, terutama di daerah Lhoong.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK