4 Hal yang Bisa Anda Nikmati di Samahani Aceh Besar

Pemandangan Gampong Samahani yang asri @aceHTrend/Taufik Ar-Rifai

ACEHTREND.COM, Jantho – Sepeda motor matic saya melaju dengan kecepatan pelan, meliuk-liuk melalui jalanan kecil beraspal di antara pematang sawah. Hamparan padi menguning diterpa sinar mentari yang mulai terlihat redup. Gerombolan burung pipit terbang rendah, lalu hinggap di batang padi yang mulai ranum. Kemudian kembali terbang saat umbul-umbul yang dipasang pada seutas tali bergerak.

Neupiyoh keunoe, jep kupi dilee,” kata pria paruh paya kepada aceHTrend, Selasa (17/9/2019).

Berjarak sekitar 21 kilometer dari ibu kota Banda Aceh, Gampong Samahani, Kecamatan Kutamalaka menyuguhkan pesona alam yang memikat pengunjung.

Saat konflik antara Pemerintah RI dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM), gampong ini merupakan zona merah dan menjadi basis pertahanan gerilyawan GAM. Setelah perjanjian damai diteken pada 15 Agustus 2005, gampong ini kian berbenah dan kembali membangun peradabannya yang sempat terhenti. Gampong kecil yang dulunya sebagai “warning zone” menjadi kawasan asri dengan warganya yang ramah.

Gampong kecil yang diapit gugusan Bukit Barisan ini mulai dilirik wisatawan. Tak heran bila akhir pekan tiba, Samahani menjadi magnet wisatawan, khususnya sektor agrowisata. Di sana, pengunjung akan menyalurkan hobinya untuk menjelajahi hamparan bukit-bukit kecil.

Bagi pengunjung yang ingin kemari, berikut ini sejumlah destinasi menarik yang wajib dikunjungi di Gampong Samahani.

1.  Roti Selai Samahani
Roti selai Samahani menjadi salah satu makanan paling populer di masyarakat Aceh. Bahkan belakangan tak sedikit yang menjadikannya sebagai oleh-oleh. Selain lezat, panganan ini juga menyehatkan karena dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet. Tampilannya juga benar-benar menggoda, disajikan hangat dengan siraman selai berwarna kuning kental. Roti juga populer dengan sebutan roti selai serikaya ini dibuat dari campuran bahan telur ayam kampung, santan, dan sedikit gula. Rasanya cenderung manis dan sedikit legit, pas sekali disantap sebagai teman minum kopi.

2.   Air Terjun Kutamalaka
Air terjun ini memiliki ketinggian lebih kurang 600 mdpl, dengan bentuk bertingkat-tingkat dan keadaan di sekitarnya masih sangat alami. Konon kata masyarakat setempat, air terjun ini mencapai 7 tingkatan, bahkan ada yang berpendapat hingga 20 tingkat. Bunyi gemericik air yang tumpah. Nyanyian burung berlomba dengan jangkrik. Udara yang sejuk. Ketiganya bersatu menenteramkan jiwa dan mendamaikan pikiran kala menikmati Air Terjun Kuta Malaka.

3.  Bukit Samahani
Berada di atas bukit ini, mata kita bebas memandang ke segala penjuru angin. Di sini, semua aktivitas warga terawasi dengan mudah. Sepanjang mata memandang, hamparan sawah dan perbukitan kecil terlihat hijau membentang luas. Kawasan ini kian dilirik wisawatan yang hobi berkemping ria. Untuk mencapai lokasi ini, butuh waktu sekitar 35 menit dengan mengendarai sepeda motor. Selama perjalanan, Anda harus melewati empat anak sungai yang kedalamannya rata-rata 40-50 meter. Di sini, Anda bisa merasakan adrenalin yang lumayan menantang karena tidak ada jembatan. Setiba di puncak sana, angin sepoi-sepoi, gemerisik suara daun dan kicauan burung menyambut, sehingga lelah Anda terobati sudah. Di atas puncak bukit tersebut, Anda bisa merasakan udara segar khas bukit yang menyegarkan nafas.
 
4.  Wahana Impian Malaka
Wahana Impian Malaka (WIM) 69 merupakan destinasi liburan seru yang cocok dikunjungi bersama keluarga bila akhir pekan tiba. Di sini, lokasi yang berada di wilayah hutan jati menyuguhkan keindahan tersendiri. Waterboom yang dibangun seluas 5 hektare lebih menawarkan sensasi menyegarkan. Untuk mendukung kenyamanan pengunjung, beragam fasilitas terbaik disediakan pengelola. Mulai dari musala, kantin, tempat istirahat, dan pemandangan alam yang masih serba alami. Selain itu, terdapat juga toilet, tempat ganti baju, serta areal parkir luas yang mampu menampung mobil dan motor.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK