Aktivis Islam Lintas Negara Bahas Integrasi Dakwah Minoritas di Asia Tenggara

Para aktivis dakwah lintas negara Asia Tenggara di UIN Ar Raniry

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Enam ilmuwan dan aktivis Islam dari lima negara Asia Tenggara membahas integrasi kegiatan dakwah muslim minoritas di kawasan Asia Tenggara. Kegiatan ini digelar seharu penuh oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry di gedung Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Kamis (19/9/2019).

Kegiatan berbentuk seminar internasional bertema “Minority Muslim Dakwah in Southeast Asia” ini menghadirkan lima pembicara, yaitu Mach Du Sah (saudagar dan aktivis dakwah dari Vietnam), Mr Rashid Abdul Hamid (aktivis dakwah Islam dari Kamboja), Dr Noorodin Abdullah Dagorha (akademisi Pattani University Thailand), Masrukhin Marzuki (aktivis dakwah Islam dari Malaysia), Dr Juhari Hasan (akademisi UIN Ar-Raniry), dan Dr Ir Basri A Bakar (Sekretaris Forum Silaturrahmi Kemakmuran Masjid se-Rantau). Seminar ini dipandu oleh dosen UIN Ar-Raniry dan aktivits Forum Kerukunan Umat Beragama Aceh Hasan Basri M Nur.

Mach Du Soh, aktivis dakwah dari Vietnam

Ketua panitia, T Zulyadi MKesos PhD, dalam sambutannya mengatakan, populasi muslim di Kawasan Asia Tenggara sangat besar, melebihi Timur Tengah. Namun peran mereka di panggung dunia sering diabaikan.

“Seandainya batas negara bangsa digantikan dengan batasan ethno-religious, maka akan terbentuk sebuah busur panjang homogen yang menandakan identitas muslim di Asia Tenggara yang terbentang dari Myanmar Barat Laut, Thailand Selatan, melalui semenanjung Malaysia, Sumatra, Jawa, Kalimantan, sampai kepulauan Sulu dan Mindanao di Filipina,” kata Zulyadi menggambarkan luasnya area Islam di Asia Tenggara.

Rasyid Abdul Hamid dari Kamboja memaparkan potensi dan tantangan dakwah di negaranya

Sementara Dekan FDK UIN Ar-Raniry, Dr Fakhri, mengatakan, seminar internasional ini memiliki tiga tujuan yang akan diwujudkan, yaitu memublikasikan hasil-hasil penelitian tentang muslim minoritas di Asia Tenggara; membangun jaringan keilmuan dakwah dan komunikasi untuk kawasan Asia Tenggara; menggagas forum internasional untuk kepedulian muslim minoritas di Asia Tenggara.

Pemateri lain yang mempresentasikan makalah pada seminar ini adalah Dr Fakri, Dr Rasyidah, Dr Muhammad Aminullah, Ridwan Muhammad Hasan PhD, Azman MIKom, Furqan MA, Sakdiah MAg, T Zulyadi PhD, dan Dr T Lembong Misbah.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK