PT Patna Target Suplai Listrik ke PIM dan PHE Awal 2020

Marzuki Daham @Katadata/Arief Kamaluddin

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – PT Patriot Nusantara Aceh (Patna) saat ini sedang memaksimalkan penyediaan listrik untuk mengoptimalkan fungsi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun di Kota Lhokseumawe.

Direktur PT Patna, Marzuki Daham mengatakan ditargetkan awal 2020 nanti pihaknya sudah bisa menyuplai energi listrik ke PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) dan PT Pertamina Hulu Energi (PHE).

“Kalau suplai listrik itu sudah dilakukan untuk PT PHE, maka perusahaan tersebut akan menghemat gas yang dibakar mencapai 15-20 MMSCFD. Artinya gas tersebut bisa dijual kembali,” kata Marzuki Daham saat dihubungi aceHTrend melalui telepon, Kamis (19/9/2019).

Setelah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 14 Desember 2018 lalu, Marzuki mengatakan aktivitas di KEK Arun belum ada pergerakan karena terkendala pada lahan. Tidak seperti KEK di daerah lain yang memiliki lahan sendiri.

“Jika ada investor membangun industri tentunya tidak bisa dilakukan, dikarenakan tidak ada lahan, sedangkan lahan di eks PT Arun itu milik Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN). Namun mereka hanya menyewakan dalam jangka lima tahun. Tentu itu tidak mungkin perusahaan melakukan bisnis dengan sewa lahan dengan batas tersebut,” ujarnya.

Idealnya kata Marzuki, sewa lahan itu minimal 30 tahun. Inilah yang sedang diusahakan PT Patna dengan LMAN sehingga ke depan perjanjian sewa laha tidak hanya dibuat lima tahun, tetapi bisa mencapai minimal 30 tahun.

“Jadi kita targetkan PT Patna harus berdiri sendiri dulu, jangan mengharapkan anggaran dari pihak-pihak lain dengan menciptakan industri-industri yang dapat menerap tenaga kerja dengan jumlah besar,” pungkasnya.

KEK Arun Lhokseumawe yang berlokasi di Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 5 tahun 2017. Pengusulnya adalah Konsorsium PT Pertamina, PT Pelindo I, PT Pupuk Iskandar Muda (PIM), dan Perusahaan Daerah Pembangunan Aceh.

Kegiatan utamanya industri energi, petrokima, pengolahan kelapa sawit, logistik dan pengolahan kayu. Investasi KEK Arun Lhokseumawe dimulai dengan pembangunan pabrik Pupuk NPK oleh PT Pupuk Iskandar Muda.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK