Dewan Minta Wali Kota Lakukan Langkah Antisipatif Atasi Kabut Asap

Anggota DPRK Banda Aceh Irwansyan @aceHTrend/Hendra Keumala

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Irwansyah, meminta wali kota untuk mengambil langkah-langkah antisipatif terhadap kabut asap yang semakin pekat di kawasan Banda Aceh.

“Karena Banda Aceh sudah mulai diterpa kabut asap untuk itu saran saya kepada Bapak Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman untuk bisa melakukan langkah-langkah taktis dan antisipatif,” kata Irwansyah, Senin (23/09/2019).

Pemerintah diminta memperhatikan dengan serius indeks kualitas udara lokal, bila sudah membahayakan segera melakukan tindakan yang efektif dengan menyiapkan masker N95 (bukan mask single layer biasa) terutama untuk yang rentan, dan masker tersebut dibagi-bagikan kepada warga Kota. 

Di samping itu ia juga mengimbau warga agar bisa memperhatikan jarak pandang dan penurunannya saat berkendaraan, memperhatikan kesehatan mata, dan keselamatan di jalan raya.

“Menjaga kondisi ruang-ruang pertemuan dan umum kita, agar tetap terjaga kualitas udaranya. Terutama di gedung-gedung sekolah dan perkantoran serta tempat umum lainnya. Jika kabut asap bertambah parah mungkin bisa diambil kebijakan untuk diliburkan beberapa waktu,” ujarnya.

Irwansyah juga mengimbau warga kota untuk mengurangi dan jangan menambah polutan di dalam ruangan (mengurangi dan tidak merokok terutama di dalam ruangan). Petugas kesehatan juga diminta bersiaga terutama di puskesmas dan RSUD Meuraxa jika sewaktu-waktu ada kondisi darurat terkait hal ini.

“Kepada Presiden Jokowi mohon peka terhada persoalan ini, hukum seberat-beratnya para pembalak hutan yang membakar hutan untuk kepentingan perutnya dan menzalimi jutaan rakyat, ” tuturnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK