APBA Tahun 2020 Senilai Rp17,2 Triliun Disahkan

@aceHTrend/Taufan Mustafa

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Rancangan Qanun Aceh tentang Anggaran Pendapatan Belanja Aceh tahun anggaran 2020 akhirnya disahkan setelah melalui berbagai proses pembahasan yang dilakukan secara maraton antara legislatif dan eksekutif.

Pengesahan tersebut dilakukan dalam masa persidangan kelima DPRA yang berlangsung di Ruang Paripurna DPRA dan dipimpin langsung Ketua DPRA Muhammad Sulaiman, Selasa (25/9/2019).

Sulaiman mengatakan, dalam penyusunan RAPBA 2020, DPRA bersama Pemerintah Aceh tunduk kepada peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 33 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan APBA.

Berdasarkan tenggat waktu yang diberikan dalam Permendagri, bahwa harus melakukan persetujuan bersama paling lambat satu bulan sebelum dimulainya tahun anggaran yang berkenaan.

“Sehingga pada masa persidangan ini, yang telah dibuka sejak 19 September 2019 lalu, kita telah menghasilkan satu Raqan Aceh tentang RAPBA 2020, yang besarannya ditetapkan Rp17,2 triliun lebih,” katanya.

Ia menambahkan, dalam penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi DPRA dalam paripurna keempat masa persidangan DPRA tahun 2019, persetujuannya telah dirumuskan dalam suatu keputusan lembaga DPRA.

“Maka Raqan Aceh tentang APBA tahun 2020 telah disetujui menjadi Qanun Aceh,” sebut Sulaiman.

Sementara itu, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, usai pengesahan APBA 2020 kepada wartawan mengatakan, pengesahan APBA 2020 telah dilakukan dengan tepat waktu, dan diharapkan implementasi APBA tersebut juga tepat waktu.

“Yang penting waktu pengesahannya sudah tepat, tinggal pelaksanaannya kita harapkan bisa cepat juga,” katanya singkat sambil meninggalkan gedung DPRA.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK