Pesantren Darul Falah Az-Zamzamiyah Mulai Dibangun

ACEHTREND.COM, Singkil – Pondok Pesantren Darul Falah Az-Zamzamiyah di Aceh Singkil segera berdiri. Hal itu ditandai dengan peletakan batu pertama dan peusijuek (tepung tawar) pembangunan pesantren tersebut, Rabu (25/09/2019) di kawasan Lae Ijuk, Gunung Lagan, Gunung Meriah, Aceh Singkil.

Peletakan batu pertama ini selain dihadiri Camat Gunung Meriah, Muspika, Wali Nanggroe MPTT-I Cabang Rimo, Pimpinan Pesantren Darul Irsyad, keluarga Abuya Tgk Syekh H Zamzami Syam, keluarga Abuya Tgk Mahabbah, anggota DPRK, dan tokoh masyarakat setempat.

Ketua Panitia Pembangunan Pondok Pesantren Darul Falah Az-Zamzamiyah, Tgk Ibrahim, kepada aceHTrend menjelaskan, dana awal pembangunan pesantren berasal dari dana pribadi, swadana masyarakat, dan bantuan beberapa donatur.

Selanjutnya, pihak panitia pembangunan, berusaha  mengajukan permohonan bantuan kepada donatur lain termasuk pemerintah.

“Membangun prasarana dan saradana pesantren, tidak mungkin sendirian, harus bekerja sama dengan pihak lain. Karena itu bantuan dari siapa pun termasuk dari pemerintah sangat kita harapkan,” ucap Tgk Ibrahim.

Ia menambahkan, Pesantren Darul Falah Az-Zamzamiyah ini dibangun pada areal tanah seluas 30 meter x 210 meter.

Tahap awal pihak pesantren akan membangun akses jalan ke pondok pesantren, musala yang berfungsi sebagai balai pengajian, beberapa rangkang kemudian baru lokal dan asrama santri.

Jika musala selesai, tahun ini pihak pesantren akan merekrut santri dan untuk sementara santri tersebut tinggal bersama orang tuanya.

Pesantren Darul Falah Az-Zamzamiyah Lae Ijuk, jelas Ibrahim, bakal dipimpin oleh Tgk Salman Fazri, alumni Pondok Pesantren Darul Hasanah Syekh Abdurrauf Singkil. Kemudian dibantu oleh ustaz-ustaz lain.

Adanya pembangunan Pondok Pesantren Darul Falah Az-Zamzamiyah ini, mendapat sambutan dan dukungan yang sangat antusias dari masyarakat.

“Kami sangat gembira adanya pembangunan pesantren di kawasan Lae Ijuk. Di samping kawasan ini nanti menjadi ramai. Warga akan mudah mendapatkan akses pendidikan agama,” tutur Eva Rinawati.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK