Tren Pengurusan Izin Usaha Galian C Cenderung Meningkat

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Nonperizinan B Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh, Mustafa, ST, M.Si, mengatakan, tren permintaan permohonan izin usaha galian C di Aceh dari tahun ke tahun memperlihatkan peningkatan yang signifikan.

Hal itu kata Mustafa, dikarenakan syarat pengusaha untuk melakukan aktivitas pertambangan galian C tidak serta merta harus ikut tender selama ia bisa mendapatkan izin usaha pertambangan.

“Kita tidak membatasi pemohon untuk mengurus izin galian C selama pemohon memiliki lahan. Jika dengan lingkungan tidak bermalah dan mampu melengkapi semua syarat-syaratnya maka Pemerintah Aceh wajib memberikan izin,” kata Mustafa kepada aceHTrend, Rabu (25/9/2019).

Baca: Begini Alur Pengurusan Izin Galian C di Aceh

Sebaliknya kata Mustafa, bila ada perusahaan yang memenangkan tender tetapi tidak memperoleh izin usaha pertambangan maka perusahaan tersebut juga tidak bisa beroperasi.

Dia juga menyampaikan, dari adanya usaha pertambangan galian C tersebut, setiap daerah juga akan mendapatkan dana retribusi per kubiknya. Yang mana pemerintah kabupaten/kota dapat membuat undang-undang tentang retribusi sendiri untuk penentuan berapa biaya yang didapat dari usaha galian C tersebut.

“Untuk para calon pemohon yang mau mengurus izin usaha pertambangan terutama izin usaha Galian C agar dapat membaca dan mempelajari brosur persyaratan dan mekanisme pengurusan izin yang telah kami buat agar lebih jelas lagi,” kata Mustafa.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK