Usai Dilantik, Tiga Pejabat Eselon II Ini Diminta Berjibaku Wujudkan Target Pembangunan

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Sekretaris Daerah Aceh, Taqwallah, melantik 36 pejabat Eselon II, III, dan IV, di lingkungan Pemerintah Aceh. Sebanyak tiga orang dari seluruh pejabat yang dilantik itu merupakan pejabat eselon II.

Pejabat Eselon II yang dilantik ialah Helvizar Ibrahim sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh, Kamaruddin Andalah sebagai Staf Ahli Gubernur Bidang Staf Pemerintahan, Hukum dan Politik, dan Ruslan sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh.

Pelantikan tersebut berlangsung di Ruang Serbaguna Sekretariat Daerah Aceh, Banda Aceh, Senin sore (30/9/2019).

Taqwallah menyatakan, pelantikan tersebut merupakan kelanjutan dari penyegaran dalam birokrasi serta untuk meningkatkan kinerja seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Aceh.

Kepada Kepala Bappeda yang baru, Taqwallah menyampaikan bahwa peran lembaga tersebut sangat dibutuhkan untuk membantu kepala daerah dalam merumuskan dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan perencanaan pembangunan. Untuk itu, ia meminta Kepala Bappeda meningkatkan komunikasi dengan pemerintah kabupaten/kota, terutama untuk percepatan pengelolaan Dana Otsus.

“Saudara harus mampu berperan sebagai koordinator bagi seluruh SKPA guna mewujudkan program yang komprehensif, terpadu, sistematik, dan tanggap terhadap perubahan zaman,” kata Sekda.

Kepala Bappeda, lanjut Taqwallah, juga dituntut mampu berkomunikasi dengan legislatif dalam menyusun perencanaan pembangunan ke depan. Terutama dalam menyelesaikan pembahasan anggaran 2021, sebelum Juli 2020.

“Di mana pengesahan APBA ke depan akan dibahas bersama anggota DPRA yang baru. Koordinasi harus saudara bangun sebaik mungkin, agar komunikasi dapat berjalan optimal. Untuk itu, saudara harus responsif, dan cepat mengambil keputusan yang tepat,” pesannya.

Kemudian, kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, dimeminta bergerak cepat untuk mengumpulkan arsip-arsip di seluruh SKPA. Sebab, masih sangat banyak arsip Pemerintah Aceh yang belum terdata dan terkumpul dengan baik. Apalagi dengan bertambahnya pejabat fungsional arsiparis yang juga dilantik, diharapkan tugas tersebut berjalan lancar.

“Dengan demikian, jika kita membutuhkan data atau arsip pendukung, akan tersedia dengan cepat dan mudah. Intinya, semua pejabat yang dilantik hari ini, harus siap berjibaku mewujudkan target- target pembangunan yang tertuang dalam Renstra SKPA masing-masing,” ujar Taqwallah.

Jumlah pejabat yang dilantik, di antaranya, pimpinan tinggi pratama (eselon II) tiga orang, pejabat administrator (eselon III)  tiga orang, pejabat pengawas (eselon IV) 20 orang, dan jabatan fungsional arsiparis sepuluh orang.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK