Empat Negara Ambil Bagian Festival Rapai Internasional di Bireuen

Abu Tumin Blangblahdeh (berpeci putih) didampingi oleh Dirut PT Takabeya H. Mukhlis, dan Komisaris Takabeya Hj. Sadriah, membacakan doa saat menepungtawari Pabrik Batching Plant Takabeya. (Foto: Muhajir Juli/aceHTrend)

ACEHTREND.COM,Bireuen – Empat negara di Asia dan Eropa akan ambil bagian sebagai peserta Festival Rapai Internasional yang akan dihelat di Bireuen. Demikian pernyataan Ketua Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Bireuen H. Mukhlis, A.Md., pada akhir September 2019.

Direktur Utama PT Takabeya Perkasa Group itu menjelaskan negara yang akan ambil bagian adalah Cina,Turki, Malaysia dan Singapura. Vietnam yang awalnya sudah menyatakan kesediaan untuk berpartisipasi, membatalkan keikutsertaan karena kabut asap yang sempat menyelimuti Pulau Sumatera.

“Vietnam mundur. Mereka mengatakan kendalanya adalah kabut asap yang menyelimuti Sumatera,” ujar Mukhlis.

Selain diikuti oleh peserta internasional, festival yang dipadukan dengan perkusi itu juga akan dimeriahkan oleh partisipasi propinsi dan kota di Indonesia seperti Riau, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Surakarta Jateng. Serta grup rapai Propinsi Aceh.

Mukhlis melanjutkan, karena pagelaran budaya ini juga bertujuan mendekatkan kesenian tradisional dengan generasi millenial, DKA Bireuen juga menghadirkan Nisa Sabyan, dan sejumlah kegiatan lainnya seperti panggung urban, workshop, kuliner serta bazar wisata.

Festival tersebut digelar 12 hingga 16 Oktober 2019 di Bireuen, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bireuen. []

KOMENTAR FACEBOOK