Kadinsos Aceh Bertolak ke Papua

Kepala Dinas Sosial Aceh Drs.Alhudri MM (Dok. Dinsos Aceh)

ACEHTREND.COM, Jakarta – Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah memerintahkan Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Aceh, Alhudri, beserta tim mewakili Pemerintah Aceh, bertolak ke Jayapura, Papua, malam ini, Kamis (3/10/2019).

Kedatangan Kadinsos Aceh ke Papua tersebut untuk melakukan assessment di lapangan terkait warga asal Aceh yang mengungsi akibat dampak kerusuhan di daerah itu sejak 23 September lalu di sejumlah titik di Papua.

“Kita akan melakukan pendataan terhadap masyarakat Aceh di Papua. Kabarnya, banyak masyarakat Aceh yang ingin pulang ke kampung halaman dikarenakan trauma dengan situasi yang terjadi di daerah tersebut,” ujarnya di Bandara Soekarno Hatta, Kamis malam.

Sebelumnya, ada kabar yang beredar di grup Whatsapp terkait pengungsian warga Aceh yang terdampak kerusahan di Wamena. Adapun warga Aceh tersebut adalah Dewi asal Lhoksumawe, posisi terkini Probolinggo, Cut Eva asal Lhokpaoh, Tapaktuan, posisi terkini Jakarta Timur, Riska asal Aceh Tenggara beserta tiga anaknya, posisi terkini Bakorwil Malang, Jawa Timur.

Selain itu, ada juga warga Aceh yang kabarnya baru dievakuasi ke Jayapura menggunakan pesawat Hercules milik TNI AD, yakni, Jecky A, Rosmawati, dan Cut Wahyuni. Ketiga warga Aceh berasal dari Langsa.

Informasi terakhir, Dinsos Aceh dan Dinsos Jawa Timur sudah berkoordinasi untuk pemulangan empat warga Aceh yang mengungsi di Surabaya, atas nama Try Sessy, Priska Susilawati Sitohang, Natanael Gultom, dan Nasya Gultom yang berasal dari Kabupaten Aceh Tenggara, dengan menggunakan pesawat Lion Air besok, Jumat, 4 Oktober 2019 berangkat dari Surabaya pukul 06.45 WIB diperkirakan tiba di Banda Aceh pukul 17.20 WIB.

Rencananya, sesampai di Papua nanti, Dinsos Aceh bersama tim akan berkoordinasi dengan instansi terkait guna mengasesmen sejumlah tempat pengungsian untuk mendapat keterangan terkait warga Aceh.

Sementara itu, Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA), Almuniza Kamal, di Jakarta mengatakan, sesuai arahan Plt Gubernur Aceh, dilakukan koordinasi terkait pemulangan warga Aceh di daerah tersebut.

Awalnya, kata Almuniza, banyak masyarakat Aceh di Jakarta mendesak BPPA untuk segera melakukan tindakan terkait permohonan warga Aceh tersebut.

“Namun, saat itu kita (BPPA) tidak punya kebijakan hingga sampai ke sana. Pun demikian, kita lakukan koordinasi dengan Plt Gubernur, kemudian setelah dilakukan diskusi, maka diputuskanlah Kadinsos untuk berangkat ke Papua,” jelasnya.

Kadinsos Aceh bertolak ke Papua didampingi oleh Kabid Linjamsos Dinsos Aceh, Sya’baniar, Tim Pensus Aceh, Fauzan Azima, Kasi PSKBA Dinsos Aceh, dan Yanyan Rahmat.[]

Editor : Ihan Nurdin