[RESEP]: Tumis Pakis Praktis dan Lezat

@aceHTrend/Yelli Sustarina

Memasak dengan cara menumis memang lebih simpel dan praktis, apalagi saat sarapan yang membutuhkan waktu singkat dalam penyajiannya. Tak jarang para ibu memilih makanan yang simpel dalam memasaknya, tapi tetap tidak mengurangi kelezatan makanan tersebut saat menyantapnya.
Salah satu masakan yang bisa dipraktikkan ialah tumis paku.

Namun, bukan paku dinding yang keras untuk bahan bangunan. Melainkan jenis daun paku-pakuan berupa pakis (Diplaziumesculentum) yang bisa dimasak dan dikonsumsi.

Pakis memiliki banyak kandungan nutrisi penting. Namun, tunas pakis muda keriting hanya mengandung 34 kalori per 100 g. Meskipun demikian, pakis memiliki profil gizi yang berkualitas tinggi dan berbagai manfaat, seperti sebagai antioksidan, vitamin, serta senyawa penting lain yaitu omega-3 dan omega-6.

Berikut cara pengolahan pakis menjadi tumis yang lezat untuk dinikmati.

Bahan utama :
– Daun paku muda
– Cabai rawit dan cabai merah 
– Bawang merah 
– Minyak goreng secukupnya 
– Garam secukupnya 

Cara penyajian :
1. Cuci daun paku dengan air bersih, lalu potong-potong sekitar 2-4 cm.
2. Iris bawang, cabai rawit dan cabai merah, lalu tumis dengan minyak goreng. Jangan terlalu banyak minyak yang digunakan karena bisa mengubah rasa daun paku.
3. Masukkan daun paku yang sudah dipotong-potong ke dalam tumisan bawang dan cabe.
4. Tambahkan garam secukupnya. Tunggu beberapa menit hingga daun paku masak dengan sempurna.
5. Tumis paku siap disajikan.

Nah, bagaimana? Cukup simple dan praktis bukan? Bila ingin lebih lezat bisa ditambahkan dengan tempe goreng atau ikan asin. Selamat mencoba.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK